Insinyur Indonesia Gentarkan Malaysia, Singapura dan Australia

assalamu’alaykum wr wb..

dapet dari salah satu milis yang diikuti..
bahan renungan,..
————————————————————————————————————————————————–

Roket RX-420 & CN-235 Militer: Getarkan Australia, Singapura, Malaysia

Oleh Cardiyan HIS

Momentum ini harus dijaga terus dan ditingkatkan sebagai kebanggaan atas kemampuan teknologi sendiri. Jangan sampai karya insinyur Indonesia ini dijegal justru oleh orang Indonesia sendiri (biasa) para ekonom-ekonom Pemerintah yang sering menganggap karya bangsa sendiri sebagai terlalu mahal dan hanya buang-buang uang saja untuk riset ….! Inilah musuh yang sebenarnya. Waspadailah kawan-kawan insinyur Indonesia.

Meski sudah berlangsung 2 pekan yang lalu, peluncuran roket RX-420 Lapan ternyata masih jadi buah bibir. Anehnya bukan jadi buah bibir di Indonesia yang lebih senang ceritera Pilpres, tetapi di Australia, Singapura dan tentu saja di negara tetangga yang suka siksa TKI dan muter-muterin Ambalat yakni Malaysia.



Seperti diketahui roket RX-420 ini menggunakan propelan yang dapat memberikan daya dorong lebih besar sehingga mencapai 4 kali kecepatan suara. Hal itu membuat daya jelajahnya mencapai 100 km. Bahkan bisa mencapai 190 km bila struktur roket bisa dibuat lebih ringan. Yang punya nilai tambah tinggi ini adalah 100% hasil karya anak bangsa, para insinyur Indonesia. Begitu pula semua komponen roket-roket balistik dan kendali dikembangkan sendiri di dalam negeri, termasuk software. Hanya komponen subsistem mikroprosesor yang masih diimpor. Anggaran yang dikeluarkan untuk peluncurannya pun “cuma” Rp 1 milyar. Kalah jauh dengan yang dikorupsi para anggota DPR untuk traveller checks pemenangan Miranda Gultom sebagai Deputi Senior Gubernur BI yang lebih dari Rp. 50 milyar. Apalagi kalau dibandingkan dengan korupsi BLBI yang lebih dari Rp. 700 trilyun.

Mengapa malah menjadi buah bibir di Australia, Singapura dan Malaysia? Karena keberhasilan peluncuran roket Indonesia ini ke depan akan membawa Indonesia mampu mendorong dan mengantarkan satelit Indonesia bernama Nano Satellite sejauh 3.600 km ke angkasa. Satelit Indonesia ini nanti akan berada pada ketinggian 300 km dan kecepatan 7,8 km per detik. Bila ini terlaksana Indonesia akan menjadi negara yang bisa menerbangkan satelit sendiri dengan produk buatan sendiri. Indonesia dengan demikian akan masuk member “Asian Satellite Club” bersama Cina, Korea Utara, India dan Iran.

Nah kekhawatiran Australia, Singapura dan Malaysia ini masuk akal, bukan? Kalau saja Indonesia mampu mendorong satelit sampai 3.600 km untuk keperluan damai atau keperluan macam-macam tergantung kesepakatan rakyat Indonesia. Maka otomatis pekerjaan ecek-ecek bagi Indonesia untuk mampu meluncurkan roket sejauh 190 km untuk keperluan militer bakal sangat mengancam mereka sekarang ini pun juga!!! Kalau tempat peluncurannya ditempatkan di Batam atau Bintan, maka Singapura dan Malaysia Barat sudah gemetaran bakal kena roket Indonesia. Dan kalau ditempatkan di sepanjang perbatasan Kalimantan Indonesia dengan Malaysia Timur, maka si OKB Malaysia tak akan pernah berpikir ngerampok Ambalat. Akan hal Australia, mereka ada rasa takutnya juga. Bahwa mitos ada musuh dari utara yakni Indonesia itu memang bukan sekedar mitos tetapi sungguh ancaman nyata di masa depan dekat.

CN 235 Versi Militer
Rupanya Australia, Singapura dan Malaysia sudah lama “nyaho” kehebatan insinyur-insinyur Indonesia. Buktinya? Tidak hanya gentar dengan roket RX-420 Lapan tetapi mereka sekarang sedang mencermati pengembangan lebih jauh dari CN235 versi Militer buatan PT. DI. Juga mencermati perkembangan PT. PAL yang sudah siap dan mampu membuat kapal selam asal dapat kepercayaan penuh dan dukungan dana dari pemerintah.
Kalau para ekonom Indonesia antek-antek World Bank dan IMF menyebut pesawat-pesawat buatan PT. DI ini terlalu mahal dan menyedot investasi terlalu banyak (“cuma” Rp. 30 trilun untuk infrastruktur total, SDM dan lain-lain) dan hanya jadi mainannya BJ Habibie. Tetapi mengapa Korea Selatan dan Turki mengaguminya setengah mati? Turki dan Korsel adalah pemakai setia CN 235 terutama versi militer sebagai yang terbaik di kelasnya.Inovasi 40 insinyur-insinyur Indonesia pada CN 235 versi militer ini adalah penambahan persenjataan lengkap seperti rudal dan teknologi radar yang dapat mendeteksi dan melumpuhkan kapal selam. Jadi kalau mengawal Ambalat cukup ditambah satu saja CN235 versi militer (disamping armada TNI AL dan pasukan Marinir yang ada) untuk mengusir kapal selam dan kapal perang Malaysia lainnya.

Nah, jadi musuh yang sebenarnya ada di Indonesia sendiri. Yakni watak orang Indonesia yang tidak mau melihat orang Indonesia sendiri berhasil. Karya insinyur-insinyur Indonesia yang hebat dalam membuat alutsista dibilangin orang Indonesia sendiri terutama para ekonom pro Amerika Serikat dan Eropa: “Mending beli langsung dari Amerika Serikat dan Eropa karena harganya lebih murah”. Mereka tidak berpikir jauh ke depan bagaimana Indonesia akan terus tergantung di bidang teknologi, Indonesia hanya akan menjadi konsumen teknologi dengan membayarnya sangat mahal terus menerus sampai kiamat tiba.

Kalau ada kekurangan yang terjadi dengan industri karya bangsa sendiri, harus dinilai lebih fair dan segera diperbaiki bersama-sama. Misalnya para ahli pemasaran atau sarjana-sarjana ekonomi harus diikutsertakan dalam team work. Sehingga insinyur-insinyur itu tidak hanya pinter produksi sebuah pesawat tetapi setidaknya tahu bagaimana menjual sebuah pesawat itu berbeda dengan menjual sebuah Honda Jazz. Kalau ada kendala dalam pengadaan Kredit Ekspor sebagai salah satu bentuk pembayaran, tolong dipecahkan dan didukung oleh dunia perbankan, agar jualan produk sendiri bisa optimal karena akan menarik bagi calon pembeli asing yang tak bisa bayar cash.

18 Responses to Insinyur Indonesia Gentarkan Malaysia, Singapura dan Australia

  1. putri says:

    sudah lama Indonesia sebenarnya menyimpan banyak bakat terpendam..insinyur Indonesia juga sebenarnya ga kalah jauh dengan insinyur di malaysia tau singapura
    buktinya mereka mengakui kehebatan kita dengan memakai insinyur Indonesia dibeberapa perusahaan IT besar di malaysia

    waktu berkunjung kesana….q pikir hanya para pekerjanya saja yang banyak..justru malah engineernya yang berperan penting…

    yap…we should realised that we are so precious…include our goverment..

    daripada beliin mobil buat 1 orng menteri Toyota Crown seharga 1,6 m …mending buat pengembangan teknologi yang pastinya akan membawa perubahan besar buat Indonesia kedepan….

    HIDUP TEKNIK!!!!!

    • aveliansyah says:

      selamat datang neng putri, arigato, haturnuhun udah berkunjung..🙂
      KARENA KITA BANGGA, KITA BISA,, itu jargon PMB di geologi yang sudah 2 tahun ini tidak pernah diganti,, kita percaya bahwa kebanggaan akan meningkatkan kecintaan, kecintaan akan meningkatkan kesetiaan dan pengorbanan tanpa pamrih untuk membangun almamater,, alhamdulillah jargon tersebut tidak hanya teriakan dimulut saja, tapi dampaknya benar2 terasa di jurusan kecil, mungil dan masih balita ini…

      bosan dan muak rasanya setiap hari melihat berita yg tidak membanggakan dari negeri ini,, blog ini mencoba untuk memberi aura positif, agar kita semua sadar, bahwa negara kita ini hebat..

      dan neng putri adalah salah satu dari orang hebat itu,,,🙂

  2. nanya ah..cara up load foto ke wordpress gimana ya mas???hehehehhe

  3. aveliansyah says:

    gampaang neng,, neng putri tinggal klik :
    upload–> add an image
    ada di pojokkiri atas tabel buat km add new post..
    selamat mencoba🙂

  4. McClarious says:

    sekarang baru tahu kalo enginer kita sudah bisa bersaing dgn negara lain. maju terus insinyur indonesia..kembangkan terus kreatifitasmu jangan pernah merasa puas dengan hasil yg telah diperoleh..wakil rakyat yg ada di DPR dan orang2 ekonom pro korupsi contoh lah mereka jangan cuma bisa mencemooh..mari membangun bangsa…merdeka

  5. Salut buat engineer Indonesia. Smga qta jga bsa menyusul sepak terjang mereka…

  6. tommy says:

    blognya mantap mas

  7. nday says:

    hebat… pantes orang2 pntr ky habibie lbh snng tgl di luar. karena lebih dihargai dibanding di sini.. membc tulisan ini membuat sy kembali bangga sebagai orang indonesia.. thanks..

  8. aveliansyah says:

    sama2 kawan🙂
    masih banyak berita2 gembira lainnya, prestasi anak negeri banyak yanng kurang terekspose,, tertutupi oleh gosip2 murahan dan berita2 gak bermutu yang hanya menggiring pola pikir masyarakat sesuai dengan keinginan “mereka”

    jadilah masyarakat cerdas
    STOP PEMBODOHAN MEDIA!

  9. wul says:

    subhanallah…^^

  10. aziz says:

    ayo..berjuanglah untuk kemajuan teknologi agar negara kita tidak di injak2 oleh negara tetangga..
    insinyur2 indonesia tidak tidak kalah dengan insinyur2 luar negri.semoga pengembangan teknologi di indonesia berjalan dengan lancar dan pesat sesua yang di inginkan.
    “AYO..BERJUANGLAH UNTUK INDONESIA TERCINTA”

  11. aziz says:

    ayo..berjuanglah untuk kemajuan teknologi indonesia agar negara kita tidak di injak2 dan di remehkan oleh negara tetangga..
    insinyur2 indonesia tidak kalah dengan insinyur2 luar negri.semoga pengembangan teknologi di indonesia dari hasil karya anak bangsa berjalan dengan lancar dan pesat sesua yang di inginkan.
    “AYO..BERJUANGLAH UNTUK INDONESIA TERCINTA”

  12. Andrian says:

    Acungkan dua jempol untuk para Ilmuwan kita,,hal ini mesti didukung penuh oleh Pemerintah agar negara – negara yg menganggap remeh kita berpikir seribu kali lipat untuk macam dengan Negara Republik Indonesia,,,FUCK KAPITALIS!!!!!

  13. alief ardi says:

    imperialisme modern dan segenap agen2nya tak akan pernah bosan utk selalu menancapkan kukuny di negara2 berkembang dgn alasan ingin menolong,membantu sebenarnya menggunting dlm lipatan, kayak rayap menggerogoti kayu bag dalam, dr luar tampak mash mulus tapi dalamnya sdh tinggal ambruknya sj. saya sbg petani gurem merasakan dampak imperialis-kapitalis sungguh sdh merasuk hingga ke desa2,dr mulai bibit unggul,pupuk ,obat2an dll rupa2nya petani masih menjadi consumer belum bs mandiri…hmmm kapan ya kita bisa menjadi negara yg mandiri? kalo menurut saya sih, gelontorkan saja dana ke desa2 utk sarana pertanian, beasiswa s1 petani,pelatihan2 dll kan 85% masyarakat kita petani, jadi kalo petaninya sejahtera insaya ALLAH negaara juga makmur..salam kenal semoga skses pak…http://aliefardi.wordpress.com/

  14. Budi says:

    sangat bagus buat perkembangan nasionalisme ditanah air ini yang selalu heroik dengan barat. semoga kita makin yakin dengan kita sendiri. rawe rawe rantas malang malang putung. merdeka

  15. high ctr theme…

    […]Insinyur Indonesia Gentarkan Malaysia, Singapura dan Australia « yang sedang belajar GEOLOGI[…]…

  16. mohammad ali says:

    semoga indonesia menjadi plopor dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: