Pengenalan Karir di Industri Migas

Bang, ngajar di kampus dong. Udah lama gak pernah main ke kampus lagi” tulis salah seorang adik kelas di laman facebook saya.

Betul juga, terakhir kali saya ke kampus adalah ketika menemani guru saya Andang Bachtiar ngajar  di sana tahun 2012, lalu sepanjang tahun 2013 saya belum pernah lagi mengunjungi kampus, padahal saya berniat untuk setidaknya mengunjungi kampus minimal sekali dalam setahun.

oke, insyAllah. Mau kuliah tentang apa?” balas saya

Tentang jenis pekerjaan geologi yang ada di perusahaan minyak bang” pinta adik kelas saya tersebut

Setelah mendapatkann izin dari manager di kantor, akhirnya pada bulan Mei kemarin saya memenuhi undangan mereka. Saya sendiri ditemani oleh seorang  geophysicist yang nantinya bisa mengakomodir pertanyaan-pertanyaan dari mahasiswa geofisika.

Ketika saya memasuki ruangan, telah menunggu disana sekitar 70 mahasiswa yang berasal dari jurusan teknik geologi, geofisika, dan teknik kimia, dan cerita inipun dimulai.

geologi cycle

Siklus pekerjaan geologist di perusahaan migas

Tugas utama seorang geologist adalah menemukan cadangan migas yang ekonomis, dan mengurangi resiko kegagalan. Bagan sederhana diatas saya buatkan untuk menyederhanakan deskripsi kerja geologist di industri migas.

Exploration Geologist: adalah mereka yang bertugas untuk menemukan sumberdaya (cadangan) migas baru di lokasi yang (biasanya) minim data bawah permukaan. Mereka suka berimajinasi dan kreatif menciptakan konsep-konsep geologi dalam mencari migas, mereka percaya bahwa oil is firstly found in the head of geologist.

Development Geologist: adalah mereka yang menindaklanjuti temuan sumur eksplorasi, lalu kemudian mengembangkan lapangan tersebut untuk bisa diproduksikan dengan optimal, tentunya dengan tambahan data yang lebih banyak. Mereka pandai dalam mengintegrasikan data statik maupun dinamik.

Operation Geologist: adalah mereka yang bertugas mengawal operasi pemboran sumur (eksplorasi ataupun development), menyusun program pemboran sehingga bisa mengambil semua data yang dibutuhkan dengan optimal. Untuk sebagian perusahaan, well site geologist adalah bagian dari divisi ini.

Petrophysicist: adalah mereka yang bertugas untuk menganalisis hasil pemboran sumur (eksplorasi ataupun development) khususnya untuk mengetahui karakteristik reservoir. Mereka menggunakan data log, core, dan data sumur lainnya untuk menentukan nilai porositas, saturasi, dan jenis hidrokarbon yang nantinya parameter tersebut akan digunakan untuk menghitung volume dari hidrokarbon yang ditemukan.

Empat jenis pekerjaan diatas merupakan rangkuman dari jenis pekerjaan geologi secara umum, meskipun sebenarnya masih banyak bidang spesialisasi yang lain seperti sedimentologist, structural geologist, geochemist, geomodeler, akan tetapi semua bidang spesialisasi tersebut juga akan masuk kedalam payung eksplorasi ataupun development.

Picture1

Hadiah untuk yang bisa menjawab quiz

IMG_7557

Tanya jawab dengan peserta yang aktif

IMG_7815

Berfoto bersama para peserta short course

2 Responses to Pengenalan Karir di Industri Migas

  1. naalasadan2 says:

    bang numpang tanya, Pak Andang Bachtiar itu dosen undip ya?

Leave a Reply

