Metamorfosa

Ini bukan soal mengubah ulat menjadi kupu-kupu, akan tetapi filosofinya mirip, yaitu mengubah suatu hal dari yang kurang cantik (ulat) menjadi sesuatu yang indah dan menarik (kupu-kupu). Hal itulah yang kami lakukan untuk konsep eksplorasi migas di lapangan kami, yaitu mengubah batuan dasar (basement) yang dulunya tidak dilirik menjadi target reservoir yang menarik. Selain itu karena basement di lapangan kami didominasi oleh batuan metamorf, jadilah kami memilih nama tim “METAMORFOSA” untuk maju ke kompetisi Continuous Improvement Program (CIP) Pertamina 2016. Ini adalah ajang perlombaan success story dari proyek-proyek yang dikerjakan oleh seluruh insan pertamina.

Berbeda dengan kompetisi karya tulis ilmiah yang kita kenal sedari bangku kuliah, perlombaan CIP ini memiliki format penulisan khusus dan membutuhkan usaha yang tidak mudah untuk menulis karya sesuai format yang diminta. Kamipun diberikan beberapa kali workshop khusus untuk mempersiapkan perlombaan ini. Setelah lebih kurang 4 bulan persiapan, tibalah saatnya presentasi.

10 Agustus 2016, kami mempresentasikan karya didepan para juri yang berjumlah ~8 orang. Menarik! berbeda dengan presentasi karya ilmiah populer, disini kami dituntut untuk memberikan presentasi yang atraktif, dan disuruh membuat yel-yel kelompok. Dengan mengenakan kemeja seragam “metamorfosa” ditambah dengan ikat kepala bendera merah-putih, kami pun siap untuk memberikan yang terbaik. Slide presentasi saya susun dengan menggunakan video (bukan power point), dimana video tersebut saya set persis di angka 15 menit, sehingga presentasinya pasti ontime! Video presentasi kami buat semenarik mungkin, didukung oleh musik-musik yang seru, serta kartun animasi membuat materi yang cukup rumit untuk dicerna oleh masyarakat awam ini mampu dicerna dengan mudah oleh para dewan juri yang notabene berasal dari latarbelakang disiplin ilmu yang berbeda-beda.

 “Terimakasih untuk tim metamorfosa, meskipun kalian adalah presenter terakhir akan tetapi kalian mampu menutup acara ini dengan sangat baik, dan saya harus bilang bahwa ini adalah presentasi terbaik yang saya lihat dalam 3 hari terakhir! very clear!” komentar salah seorang dewan juri sesaat setelah kami selesai presentasi. Berikutnya para juri lain mulai melemparkan banyak pertanyaan dan juga challange untuk tim kami, dan tidak semuanya bisa kami handle dengan baik. Meskipun begitu, pada saat pengumuman pemenang keesokan harinya, tim metamorfosa pada akhirnya dinobatkan sebagai  salah satu gold medalist untuk kompetisi CIP Pertamina 2016 ini, Alhamdulillah.

Atas: hadiahnya bukan dalam bentuk medali tapi piala. Bawah: Tim metamorfosa

Atas: hadiahnya bukan dalam bentuk medali tapi piala Bawah: Tim metamorfosa

salam,

yang sedang belajar Geologi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: