Catatan Perjalanan: Universitas Trisakti

Tahun 2007 adalah kali pertama aku datang ke kampus ini, waktu itu aku masih semester 3, mewakili kampusku untuk menghadiri acara PIT PERHIMAGI (Pertemuan Ilmiah Tahunan Perhimpunan Mahasiswa Geologi Indonesia) dimana Univ.Trisakti yang menjadi tuan rumahnya kala itu. Tentu menjadi sangat berkesan karena itulah awal aku berkenalan dengan mahasiswa geologi seluruh Indonesia. 9 tahun berlalu, aku kembali datang ke kampus ini untuk bersilaturahmi ke adik-adik mahasiswa Teknik Geologi, Universitas Trisakti.

Pukul 07.00 WIB, bersama dengan Pak Wahyu Triyono kami berangkat dari PHE Tower menuju Kampus Trisakti, butuh waktu 2 jam perjalanan untuk mencapai lokasi. Pukul 09.30 WIB, acara kuliah umum-pun kami mulai. Kuliah pertama dibawakan oleh Pak Wahyu, beliau ini adalah Sr.Geophysicist yang juga merupakan salah satu mentor ku di kantor. Orangnya rada “gila” memang, ide dan konsep berpikirnya “out of the box”, sehingga sangat beruntung bisa menjadi partner ia dalam bekerja. Di dalam kuliahnya, Pak Wahyu menceritakan banyak cerita inspiratif dari puluhan tahun pengalamannya di industri migas, tujuannya adalah untuk membuka wawasan mahasiswa serta menularkan virus-virus “kreatif, open minded, dan berani” kepada mahasiswa, karena karakter itulah yang dibutuhkan seorang explorationist!

Tibalah giliran ku untuk berbagi sedikit ilmu yang aku punya kepada adik-adik mahasiswa tadi. Penyampaian materiku menjadi lebih mudah, karena adik-adik mahasiswa sudah terbakar semangatnya oleh Pak Wahyu, sehingga mereka menjadi lebih antusias dalam bertanya maupun berdiskusi. Materi yang aku bawakan sendiri lebih bersifat teknis, yaitu tentang pengenalan konsep unconventional basement fractured reservoir.

Waktu sudah menunjukkan pukul 12.00 WIB, itu artinya kuliah umum sudah harus berakhir, meskipun sebenarnya aku masih memiliki lembar pelatihan untuk mereka, tapi terpaksa kita pending untuk lain kesempatan. Sebelum pulang, beberapa mahasiswa menghampiri aku dan Pak Wahyu, ada yang menanyakan materi presentasi, ada juga yang berkonsultasi tentang skripsi yang sedang dikerjakan. Melihat antusiasme mereka yang masih besar, Pak Wahyu menawarkan untuk diadakan lagi kuliah umum ini sembari fieldtrip ke Sungai Cipamingkis, dan para mahasiswa-pun terlihat senang mendapat tawaran tersebut.

trisakti

salam,

yang sedang belajar GEOLOGI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: