Self Checkup

Hallo blog-ku, apa kabar?

sudah lebih dari 2 bulan kau tak ku jamah, semoga kau tidak menjadi blog jablay karena jarang ku belai. Sekedar tulisan ringan untuk mengawali posting-an di tahun 2016 ini, aku akan bercerita tentang medical checkup. 

Seharusnya bulan januari kemarin aku melakukan medical checkup dwi tahunan, karena memang begitu peraturan kantor untuk memantau sisa umur dari para pegawainya. Akan tetapi hingga bulan maret ini belum juga kulakukan karena masih “sok sibuk”, mungkin aku akan melakukannya dalam beberapa minggu ke depan, dan semoga kolesterol-ku tidak naik secara signifikan. “Nilai kolesterol” adalah pertanyaan pertama rekan-rekan kantor jika kita selesai melakukan medical check up, entah mengapa kolesterol begitu populer di kalangan pekerja kantoran ini, padahal dari kecil hingga kuliah aku tidak mengenal siapa itu kolesterol.

Prinsip medical check up ini adalah memantau laju kesehatan tubuh kita, jika ada yang tidak beres maka bisa segera kita perbaiki sebelum penyakit berbahaya menyerang. Hal ini sebenarnya juga bisa kita lakukan dalam menjalani kehidupan sehari-hari, mungkin bisa disebut juga sebagai refleksi diri. Di awal tahun biasanya kita melakukan evaluasi terhadap apa saja yang telah dilakukan sepanjang 2015, mencari room for improvement agar bisa diperbaiki di tahun 2016 ini, kemudian mulai meletakkan target untuk bisa digapai dalam 1 tahun kedepan.

Sebuah kalimat klise yang jika dijalankan makan akan sangat powerfull adalah “hari ini harus lebih baik dari hari kemarin“, artinya target dan tantangan yang harus ditaklukkan di tahun 2016 harus lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya dong. Salah satu target kecil ku di tahun 2016 adalah konsisten menulis (dan itu sudah aku langgar dengan menelantarkan blog ini 2 bulan lebih :P), naah setelah bertahun-tahun tidak pernah mempublikasikan tulisan, awal tahun ini aku mulai menuliskan hasil-hasil riset yang kulakukan sepanjang tahun 2015 dan berharap bisa mempresentasikannya di 2016. Alhamdulillah, Indonesian Petroleum Association (IPA) masih belum bosan dengan paper-ku dan menerimanya untuk dipresentasikan bulan Mei besok. Selain itu American Association of Petroleum Geologist (AAPG) dan International Association of Sedimentologist (IAS) juga mempersilahkanku untuk mempresentasikan hasil riset di Italy dan Maroko (kalau ini mah belum tentu berangkat, harga minyak lagi kritis bosss, kantor lagi berhemaat😛 ).

Kalau konsisten menulis menjadi target kecil, maka apa yang menjadi target besar untuk 2016 ini? Ah.. aku tidak suka menceritakan mimpi, lebih baik nanti saja kuceritakan jika target-target besarnya tercapai, yang jelas harus lebih sulit dan lebih besar tantangannya dibanding tahun 2015. Jangan lupa, chek apa saja yang menjadi “penyakit” kita di tahun 2015, segera sembuhkan, jangan sampai keterusan dan akhirnya menjadi bad habit yang menghalangi kesuksesan kita di masa depan.

salam supermi goreng,

yang sedang belajar Geologi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: