Catatan Perjalanan: Palembang

Sabtu, 12 Desember 2015.

Pukul 07.15 WIB, saya menginjakkan kembali kaki di bumi sriwijaya ini untuk kedua kalinya. Sudah 20 tahun berlalu sejak pertama kali saya datang ke kota ini, tentu saja ada begitu banyak perubahan. Di bandara sudah ada 2 orang mahasiswa berjaket kuning, bercelana jeans, bersepatu sneakers, pasti mereka anak geologi UNSRI.

Sebelum ke kampus, saya ingin diantarkan ke tempat sarapan paling gaul di Palembang, dan mereka mengantarkan saya untuk menikmati bubur ayam di tepi Kambang Iwak Besak (Kolam Ikan Besar), banyak juga muda-mudi yang jogging di tepi danau (ya iyalah, kalo di tengah danau bukan jogging, tapi berenang)

Picture1

Bubur ayam Kang Didin di tepi Kawang Iwak Besak

Setelah sarapan, langsung saja kami beranjak menuju kampus Teknik Geologi UNSRI, disana telah menunggu ~100 mahasiswa yang tidak hanya berasal dari teknik geologi akan tetapi juga dari teknik pertambangan. Hari ini kami akan belajar bersama tentang Petroleum Geology: Application for Hydrocarbon Exploration. Pada kesempatan ini, saya menyampaikan proses eksplorasi hidrokarbon secara lengkap, dari mulai tahap awal, hingga eksekusi pemboran. Mengingat materi yang begitu banyak, maka kuliah kali ini full dari pagi hingga sore hari.

Pada presentasi awal, saya menyampaikan tentang sejarah temuan migas dunia, dari old concept hingga modern concept. Setelah itu saya mulai masuk ke 4 sub-bab utama yang menjadi bahan diskusi, yaitu Basin Analysis, Petroleum System, Lead and Prospect Generation, Risk and Uncertainty. Saya merangkum proses eksplorasi tersebut seperti gambar dibawah ini:

Picture2

Exploration process

Proses diskusi yang panjang, serta didukung oleh beberapa exercise membuat suasana kelas lebih dinamis, mereka mengerjakan beberapa soal yang saya siapkan, mulai dari basin evaluation, petroleum system synthesis, hingga mengajukan lokasi sumur pemboran. Di akhir kuliah saya menyampaikan kepada mereka bahwa, “Selamat, anda semua telah berhasil menjadi explorationist dalam 1 hari

Picture3

sesi foto-foto (bergantian karena pesertanya buanyakk)

salam,

yang sedang belajar Geologi

Leave a Reply

