Sepucuk Surat

Bulan Juli lalu, saya mendapat pesan dari seorang teman yang sedang menjadi pengajar muda di SDN 2 Langkahan, Desa Geudumbak, Kabupaten Aceh Utara. Ia meminta saya untuk mengirimkan surat inspirasi yang nantinya akan ia ceritakan kepada anak muridnya, khususnya cerita tentang profesi seorang geologist.

————————————————————————————–

Assalamualaikum Wr. Wb.

Haloo adik-adik di Aceh, apa kabarnya? Semoga kalian semua tetap ceria dan selalu bersemangat dalam belajar ya.

Oh ya, perkenalkan nama Kakak Aveliansyah, biasa dipanggil Kak Avel. Meskipun namanya mirip cewek, tapi kakak ini cowok tulen lho hehe.. kakak berasal dari Provinsi Bengkulu, provinsi yang letaknya di Pulau Sumatera, pulau yang sama seperti tempat kalian tinggal.

Walaupun kakak lahir di Bengkulu, tapi sejak lulus SMA kakak merantau ke Pulau Jawa, lalu kuliah di jurusan Teknik Geologi Universitas Diponegoro Semarang. Setelah kakak lulus kuliah, sekarang kakak bekerja di ibukota negara kita, yaitu Jakarta.

Naah sekarang kakak mau cerita tentang pekerjaan kakak nih, siapa tahu adik-adik tertarik untuk menjadi seperti kak avel ketika besar nanti. Kakak adalah seorang ahli kebumian, atau orang-orang sering memanggilnya Geologist. Ada yang pernah dengar kata geologist?

Geologist itu adalah orang yang bekerja mempelajari bumi, dari mulai perut bumi sampai ke kerak bumi. Mereka sangat suka dengan batu, karena dari batu-batu tersebut mereka bisa belajar tentang bagaimana sejarah bumi terbentuk. Ada yang tahu bahwa umur bumi kita sudah 4,5 miliar tahun? Ada yang tahu bahwa dinosaurus pernah hidup di bumi, lalu musnah karena bumi ditabrak meteor pada 65 juta tahun yang lalu? Ada yang tahu bahwa dulunya pulau sumatera tempat kita tinggal sekarang ini pernah ada di bawah laut? Naah geologist tadi mampu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi, karena mereka mempelajari sejarah terbentuknya bumi.

Sekarang Kak Avel bekerja di Pertamina, ada yang tahu perusahaan Pertamina? tulisannya sering kita lihat di pom bensin ya, hehe.. Pertamina ini adalah perusahaan yang tugasnya mencari dan menyalurkan minyak dan gasbumi, yang nantinya bisa adik-adik gunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor, untuk listrik, untuk memasak, dan lain-lain.

Pertamina menugaskan Kak Avel untuk mencari lokasi pemboran yang tepat, sehingga kalau kita bor maka akan keluar minyak. Lalu kak avel juga bertugas untuk menghitung seberapa banyak minyak yang ada di bawah bumi tersebut. Naah kemarin kak avel melakukan pemboran minyakbumi di laut jawa lho, seruuuu!! Dan di Aceh juga ada banyak minyak yang tersembunyi dibawahnya, pemboran minyak juga banyak dilakukan disana, semoga kalian besok bisa menjadi salah satu geologist yang nge-bor di aceh ya.

Sebenarnya, geologist seperti kak avel tidak hanya bertugas untuk mencari minyak. Kakak belajar tentang bumi secara keseluruhan, maka kakak juga mengerti tentang bencana alam. Apa saja sih bencana alam itu? Yaitu bencana yang diakibatkan oleh bumi itu sendiri, seperti gempabumi, tsunami, gunung meletus, banjir, dan tanah longsor. Geologist bertugas untuk memperkirakan kapan dan dimana bencana alam tersebut akan terjadi, sehingga kita bisa menyelamatkan banyak orang.

Segitu aja dulu cerita dari kak avel ya, kakak kirimkan juga foto-foto yang menggambarkan bagaimana kakak bekerja sebagai geologist, semoga adik-adik tertarik untuk menjadi geologist juga.

rig

Bekerja ditengah-tengah laut jawa

rig2

Mengintip batuan lewat mikroskop

6 Responses to Sepucuk Surat

  1. mantap kaka avel, aktivitas tiada henti

  2. Salam jugo kak dari provinsi bengkulu, Dari Daerah Curup Ambo jg lagi kuliah geologi kak😀 ( bahasa daerah gapapa ya kak ?😀 )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: