Training Season

Akhirnya, niat untuk nge-blog muncul jua setelah sekian lama gw gak pernah meramaikan blog ini dengan tulisan.

First of all, I’d like to say happy new year, may all our dreams turn into reality. Tahun 2013 harus punya resolusi yang lebih terukur lagi, sehingga di akhir tahun kita bisa melihat apa saja pencapaian yang sudah kita raih sepanjang tahun tersebut. Rencana tertulis tentu akan jauh lebih baik, untuk itu gw mau share sedikit tentang bagaimana cara menuliskan rencana yang smart!

Untuk mencapai hasil yang smart, maka metode yang kita gunakan juga harus SMART dong. SMART ini merupakan metode perencanaan dengan mendefenisikan tujuan secara Specific, Measurable, Attainable, Realistic, Time bound. Berikut gw kasih contoh :

“saya akan membuat peta paleogegrafi Formasi Asoy Geboy dengan melakukan review minimal 10 data sumur per minggu untuk meningkatkan skill sedimentologi serta pemahaman saya terhadap formasi tersebut, dan akan selesai pada Q1 tahun 2013”

Metode tersebut baru saja saya pelajari beberapa minggu yang lalu, karena memang sejak bulan desember kemarin gw dan beberapa temen di kantor mendapatkan kesempatan untuk belajar non technical material, dari mulai mind mapping concept, interpersonal skill, bussiness acumen, dan masih banyak lagi. Dari beberapa program yang gw ikutin, sekarang gw jadi tahu bahwa otak kanan gw sedikit lebih dominan dibandingkan dengan otak kiri, tipe belajar gw adalah visual, dan gw merupakan tipikal pekerja compliance yang (katanya) taat aturan dan sangat memperhatikan detil.

Menurut Vernon A. Magnesen, kita belajar 10% dari apa yang kita baca, 20% dari apa yang kita dengar, 30% dari apa yang kita lihat, 50% dari apa yang kita lihat dan dengar, 70% dari apa yang kita katakan, dan 90% dari apa yang kita katakan dan kita lakukan. Agar ilmu yang sudah diajarkan tidak menguap begitu saja, ada baiknya gw berbagi dengan menuliskan hal-hal baik yang gw dapatkan selama training season ini berlangsung, semoga dengan menuliskannya disini, pemahaman gw juga bisa mencapai 90%, huehehe..

Sampai tiga minggu ke depan, gw bakal stay di kawasan cempaka putih Jakarta ini. Hope all the training will be running fun, because we learn best when we are having fun, right?

salam,

yang sedang belajar Geologi

2 Responses to Training Season

  1. risma says:

    di tiap bergulirnya waktu, memang harus selalu ada pebaikan dan perbaikan ya, Vel.. be better day by day, semoga tercapai semua asa dan cita kebaikannya, amin… allahumma amin…

    oiya, Cempaka Putih engga kebanjiran juga ‘kan, Vel?
    sukses trainingnya, ya, Vel ^^

    wish u all the best my beo ^^d

  2. risma says:

    *fiuh, huruf E dan R berdekatan di keyboard.. maaf Avel, itu salah ketik: itu maksudnya my bro

Leave a Reply

