Sumpah Pemuda ala FGMI

28 oktober merupakan hari yang cukup sibuk bagi beberapa anak muda di berbagai penjuru Indonesia. Kesibukan itupun dapat saya lihat di Cibubur dan Depok. Kawan-kawan Forum Indonesia Muda (FIM) sedang punya hajatan dengan mengadakan pelatihan kepemimpinan untuk angkatan yang ke-13 di Taman Wiladatika Cibubur, sedangkan di Depok, tepatnya di kampus FMIPA Universitas Indonesia, kawan-kawan dari Forum Geosaintis Muda Indonesia (FGMI) juga mengadakan acara diskusi, kedua organisasi tersebut sedang memperingati hari sumpah pemuda.

Setelah menyempatkan hadir bersilaturahmi dengan alumni FIM yang sedang berkumpul di cibubur, lantas saya melanjutkan perjalanan menuju kampus fisika UI untuk menghadiri acara diskusi FGMI.

Geosaintis Muda Indonesia, Dedikasi bagi Negeri

Begitulah tagline yang diusung oleh FGMI, kita ingin mendiskusikan bagaimana seharusnya peran kita sebagai geosaintis muda dalam mengisi kemerdekaan. Pembicara pertama adalah Pakdhe Rovicky Dwi Putrohari (Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia), membahas peran pemuda dalam kaitannya dengan ketahanan energi nasional. Pembicara kedua adalah Bpk.Mailendra (Sekjend Himpunan Ahli Geofisika Indonesia), mengupas tentang peran pemuda dalam pembangunan nasional. Pembicara terakhir adalah Bpk.Mohammad Syaiful (Direktur PT. Exploration Think Tank Indonesia), dengan gaya-nya yang enerjik membawakan materi tentang pembangunan karakter geosaintis muda indonesia. Bertindak sebagai moderator dalam diskusi ini adalah Aveliansyah (Sekjend FGMI).

dari kiri ke kanan : Bpk.Mailendra, Bpk.Rovicky, Mas Aveliansyah, Bpk.Mohammad Syaiful

Nasionalisasi Sumber Daya Alam Indonesia

Di sesi diskusi yang kedua, acara yang turut bekerja sama dengan Ikatan Ahli Geologi Indonesia dan Himpunan Mahasiswa Geofisika UI, mengadakan diskusi yang bertemakan nasionalisasi sumber daya alam Indonesia. Dalam diskusi ini, selaku pembicara adalah Bpk. Achmad Luthfi (Mantan Ketua IAGI), Bpk. Marwan Batubara (Direktur Indonesian Resources Studies, IRESS), dan Bpk. Achmad Ardianto (Direktur SDM PT.ANTAM persero), serta dimoderatori dengan sangat apik oleh Bpk.Singgih Widagdo (Ketua Bidang SDA-IAGI).

Dari kiri-kanan : Bpk.Achmad Lutfi, Bpk. Achmad Ardianto, Bpk. Marwan Batubara, Bpk. Rovicky DP, Bpk. Singgih Widagdo

Acara ini ditutup dengan pembacaan pernyataan bersama IAGI dan HAGI terkait permasalahan nasionalisasi sumberdaya alam di Indonesia, bahwa Indonesia mampu mengelola kekayaan alam mereka sendiri.

Oke, itu saja yang mau saya ceritakan sore ini, hasil diskusi lengkapnya akan saya tuliskan di lain kesempatan, sekarang saya mau pulang dulu, happy weekend🙂

One Response to Sumpah Pemuda ala FGMI

  1. mibrahim07 says:

    wah mas avel kira-kira perangkat” tuk mewujudkan Indonesia mampu mengelola kekayaan alam sendiri apa saja, monggo?

    ________________________________

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: