Indonesian Petroleum Association (episode kedua)

The best poster presenter for professional category is.. “Geological Review for Identify Petroleum System in Pati Basin”, Aveliansyah from Pertamina Hulu Energi ONWJ, Dini Andriani from Patra Nusa Data, and Rizqi Syawal from Exploration Think Tank Indonesia. Begitulah ucapan yang terdengar dari mulut Steven Scot di panggung utama pada penutupan konvensi akbar Indonesia Petroleum Association yang ke 36 di Jakarta Convention Center, Jumat 25 Mei 2012 kemarin.

Sambil tersenyum macho saya berjalan layaknya model iklan susu L-men (versi kurus-nya) menuju ke panggung utama, tentunya ditemani oleh 2 rekan saya yang lain, dini dan syawal. Ketika sampai di panggung, memori saya terbang menuju kenangan 2 tahun lalu, dimana pada saat itu saya sendirian maju kedepan, di acara yang sama dengan status yang berbeda. Lamunan saya terhenti ketika melihat Ibu Evita Legowo tersenyum ramah, “Jadi kalian bertiga yang menang yah? Tim kalian sepertinya kompak🙂”, dan kami bertiga pun mengabadikan foto kenangan bersama ibu Evita Legowo.

Dari kiri ke kanan : Ibu Evita Legowo (Dirjen Migas), Aveliansyah, Dini, Syawal

Sesuatu yang disebut Galau

Hampir setiap minggu kami berkumpul di kostan saya untuk berdiskusi, paper yang awalnya hanya merupakan alibi untuk kami mengusir sepi diantara ramainya pasangan muda-mudi di akhir pekan, ternyata semakin menarik untuk di pelajari, sehingga diskusi percintaan yang mendominasi di awal-awal pertemuan, mulai berganti menjadi diskusi geologi yang sangat menarik (tentunya tidak menghilangkan jatah untuk diskusi percintaan sepenuhnya).

Kami menyebut tim kami sebagai tim geogalau, karena slogan itulah sekarang yang sedang marak ditelinga kaula muda saat ini (selain slogan kamseupay), bahkan teman saya punya semboyan yang tidak kalah ekstrim, yaitu “gak galau = gak laki”. Entah benar atau tidak bahwa kami ini penggalau sejati, akan tetapi kami selalu menikmati setiap momen berdiskusi ilmiah ataupun bercerita renyah yang mengusir gundah🙂

Yang paling patut untuk disyukuri adalah, di beberapa minggu kemarin, kami terselamatkan dari intimidasi timeline twitter yang mengabarkan ke dunia bahwa beberapa sosok muda-mudi telah menunaikan ibadah weekend mereka dengan sempurna, ada yang jalan-jalan keluar kota, ada yang sekedar menghabiskan waktu menonton film dan berkaraoke, dan ada yang breakfast-lunch-dinner bersama pasangannya, semuanya mereka laporkan dengan jumawa di twitter (lengkap dengan emoticon khas BlackBerry yang unyu itu). Lalu bagaimana dengan kami? biasanya kami akan menahan diri untuk tidak ikut berpartisipasi dalam pameran kebahagiaan di twitter, dan kami hanya me-retweet hal-hal galau dari timeline tersebut, karena dengan begitu kami merasa bahwa kami tidak sendirian di dunia ini, masih banyak umat-umat galau di dunia ini J. Khusus untuk beberapa minggu kemarin, kami bisa tersenyum penuh kemenangan, karena kami punya bahan untuk sekedar nge-tweet “sedang diskusi nih cc : @diniSoeherman @aveliansyah”, “abis diskusi seru juga yah lunch bareng cc: @sya_wal88 @aveliansyah”, “abis ini kita jalan ke citos yah cc : @sya_wal88, @aveliansyah” :)

Never Ending Learner

Niat baik jika disampaikan dengan cara yang tidak baik hasilnya pasti tidak akan baik pula, begitupun dengan presentasi. Pak Mohammad Syaiful berpesan bahwa  “Presentation is an art”, it’s not only about the content, but also the way you speech, the way you present, and the way you deliver the message. Kami sama sekali tidak menargetkan menjadi yang terbaik di IPA kemarin, tujuan kami hanya ingin belajar dan berbagi sedikit ilmu yang kami tahu, tapi kami tidak boleh menolak rejeki🙂. Kami pun  menyadari bahwa karya kami masih jauh dari kata baik, sehingga penghargaan itu menjadi beban buat kami, akan tetapi hal ini juga patut disyukuri karena secara pribadi kami akan dituntut untuk belajar lebih keras lagi, berbagi lebih banyak lagi, serta terus menghasilkan karya yang lebih baik lagi.

“Langit dan bumi bertemu di cakrawala, tawadlu kita semoga (my favourite tweet from ADB)”

Terimakasih untuk semua teman yang mendukung, yang mendoakan, yang memberi kritik dan saran, yang memberikan ucapan selamat, sungguh kami sangat menghargai itu semua, doa yang baik pula kami pintakan untuk semua kawan-kawan kami yang baik hatinya.

My poster and I at the 36th IPA convention and Exhibition, Jakarta Convention Centre, 2012

Salam,

Yang sedang belajar Geologi

Notes :

Tulisan IPA 2 tahun lalu (episode pertama): https://aveliansyah.wordpress.com/2010/05/22/cerita-dibalik-the-34th-annual-ipa-convention-exhibition-2010/

Untuk tweet galau yang membangun, please follow @aveliansyah; @sya_wal88; @diniSoeherman

12 Responses to Indonesian Petroleum Association (episode kedua)

  1. Geocerpen says:

    recomended gue udah nge follow tweet @sya_wal88 mantaps brurrr….

  2. @wahesya2 says:

    Being single is like dining in an all-you-can-eat restaurant. You can taste all the food till you drop….
    Hahhaha😀

  3. Dini Andriani says:

    veeel salaah twitter gw yg bener @dinisoeherman … hahahhaa..iih vel mantap brur tulisan lo ini…makasiihh yaa udh bisa sharing brg di IPA,,meski terkadang qt seringnya diskusi mslh percintaan ketimbang diskusi papernya..hahaha,,tp serius gw seneng bgt bs sharing brg lo n syawal,,bener2 ga ada niatan untuk jadi juara ya vel..cm sekedar iseng aja..tp alhamdulillah klo yg namanya rezeki itu ga ada yg salah alamat yaa vel..bersyukurlah pd Allah,..karena dgn kesempatannya inilah qt bisa saling sharing, baik sharing ilmu maupun sharing mslh percintaan,..hihiii..bisa jg jalan2 brg untuk lunch, dinner bahkan smpe nemenin beli baju2 kantor..hahaa..that what friends are for vel…next time qt kudu berbagi lagi..sharing brg lagii..dan itu mengasikkan..love u both guys.. @aveliansyah and @syawal88

  4. turut berbahagia… selamat…selamat ketua kelas!!!

  5. jaka says:

    Salam Kenal Ya Untuk Semuanya..🙂

  6. Anna IPA says:

    selamat ya… para geoGalau… wakakakaka

  7. sangprofesor says:

    yup2, congrats Aveliansyah Shalih…

    tapi belum ada posting terbaru ya?🙂 gimana kabar, Avel?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: