Dejavu

Pernah gak tiba-tiba mikir “eh kayaknya ini dulu pernah terjadi yah“, itu sering diistilahkan sebagai dejavu.

Secara klenik, saya dulu pernah diceritakan bahwa dejavu ini terjadi karena kita sebenarnya memang pernah mengalami hal tersebut, jadi manusia ini memiliki roh yang telah ada sebelum jasmani ini dilahirkan, roh ini pun telah tahu apa saja yang akan terjadi selama masa hidupnya kelak (kapan dia lahir, siapa orang tuanya, siapa istrinya, dan kapan dia mati, serta bagaimana caranya), hal ini juga menjadi kesepakatan roh dengan Tuhan, sehingga kita mengenal istilah suratan takdir.

Secara ilmiahnya sendiri saya belum tahu apa penyebab dejavu ini, akan tetapi secara geologi kami mengenal istilah lain yaitu the present is the key to the past, artinya adalah kejadin alam pada masa sekarang ini adalah kunci (analog) yang bisa digunakan untuk menerawang kejadian di masa lalu, sehingga kelak bisa meramalkan masa depan.

Prinsip geologi tersebut juga sering saya gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Saya yakin semua orang pasti memiliki masa lalu, masa sekarang, serta masa yang akan datang, dengan menyadari keberadaan 3 interval waktu tersebut, insyAllah kita bisa sukses.

Hari ini saya kembali merenung, teringat semua kejadian masa lalu yang pernah saya alami, baik itu indah ataupun suram. Memaknai suatu kejadian masa lalu dengan positif, serta menjalani sebuah keputusan dengan keyakinan dan totalitas yang tinggi adalah kunci dalam menciptakan masa depan yang gemilang. Hampir sama dengan kejadian di masa kuliah dahulu, ketika itu banyak organisasi-organisasi besar yang menolak saya tanpa alasan, sehingga dari sekian banyak organisasi yang saya daftar, hanya 1 organisasi kecil yang mau menerima. Seiring berjalannya waktu, dengan totalitas yang diberikan, dalam waktu 1 tahun keadaan pun berbalik 180 derajat, sehingga saya harus memilih 1 jalur organisasi sehingga saya bisa fokus untuk berkembang. Disaat pilihan telah ditentukan akan banyak godaan yang membuat kita berfikir untuk menyesal. Percayalah suratan takdir Tuhan, selalu ada hal baik didepan sana untuk orang yang menjalankan pekerjaannya dengan ikhlas dan total.

Dejavu, kisah masa lalu terjadi kembali, dan saya tidak perlu terkejut dan berpikir untuk menyesal, karena saya selalu yakin dengan segala keputusan yang telah saya ambil. Untuk memberikan totalitas bekerja tidak harus di total, untuk belajar bahasa inggris dan perminyakan tidak harus di petroleum british, let it be.. let it be.. believe that u can get ur own future in ur own way, give ur best for ur national company, and always remember the advise from my lovely teacher (adb).

salam

yang sedang belajar Geologi

(yang mata nya sedang kiyep-kiyep, kecapekan edit-edit power point)

3 Responses to Dejavu

  1. anggajatiwidiatama@gmail.com says:

    istimewa

  2. wirapraba says:

    Kalo kata Guru Biologi saya mas pas pelajaran panca indera, itu ndak ada di hubungannya di bidang biologi, barangkali seperti indra keenam, mungkin manusia punya satu alat indera lagi yang dapat melihat atau mengetahui sesuatu tanpa disadari, seperti pernah mimpiin kejadian yang barusan terjadi.
    kalo kata aku sih tergantung keyakinan masing, misalnya gini, kita punya angan-angan atau cita-cita secara gak langsung kita membuat skenario bagaimana mimpi itu terwujud, setelah kita usaha dan terjadi kita seperti pernah mengalaminya di masa lalu, seperti rekaman yang seolah-seolah diputar kembali, padahal itu adalah angan-angan yang benar-benar terjadi. dan istimewanya kalau kita punya keyakinan penuh terhadap segala sesuatu yang kita jalani seakan kita tahu apa akhir dari ceritanya, meskipun belum dijalani, tentunya hal ini tak lepas dari kuasa Allah swt.
    psikologis, sugesti, keyakinan, keimanan, seperti iman kepada takdir baik dan takdir buruk.

Leave a Reply

