3 Cerita (Three Stories)

1. My view, Your View, Our View

-muncul gambar merah dengan bentuk runcing di bagian atas

– ternyata itu mahkota ayam

– ayam tersebut sedang berdiri dan diamati oleh 2 orang bocah

– ayam dan bocah tersebut ternyata ada di sebuah peternakan

– peternakannya ternyata sangat luas

– ternyata peternakan tersebut hanya cover buku saja

– buku tersebut dipegang oleh anak yang sedang tertidur

– dan ternyata anak tertidur tadi ada di sebuah siaran televisi

– televisi itu ditonton oleh seorang koboi di arizona

– ternyata koboi tersebut adalah spanduk yang dipajang di bus

– bus tersebut terjebak didalam keramaian kota new york

– ternyata itu hanyalah gambar sebuah perangko

– perangko dari surat yang dibawakan tukang post ke sebuah pulau

– pulau yang indah dan terlihat sangat luas dari atas pesawat

Begitulah penggalan gambar-gambar yang saya lihat pada presentasi tadi, dari slide pertama sampai slide terakhir saya merasa mendapat banyak kejutan yang menarik. Dari benda merah yang meruncing, siapa sangka pada akhirnya itu hanya lah secuil bagian dari pemandangan indah di pulau yang dilihat dari dalam pesawat. Pesan disini adalah, pandangan saya-anda-kita tentu saja tidak sama, akan tetapi di dalam bekerja, kita tidak boleh egois dengan sudut pandang kita saja, dan tidak boleh merasa kita yang paling benar. Karena bisa saja kita hanya orang yang melihat ayam di peternakan saja, sedangkan rekan kita sudah mampu melihat perangko surat. keep open your mind🙂

2. Ikan salmon dan Ikan Hiu

Nelayan disebuah pulau mengalami kerugian besar, karena ikan salmon tangkapannya ternyata mati dalam perjalanan pulang ke daratan. Setelah berhasil menangkap ikan salmon, kemudian ikan-ikan itu dimasukkan kedalam peti yang berisikan air, diharapkan ikan tersebut masih segar sampai di daratan. Akan tetapi, yang didapatkan adalah bangkai-bangkai ikan salmon yang tidak bisa dijual.

Nelayan lain mencoba hal yang sama, yaitu menangkap salmon dan memasukkannya kedalam peti, akan tetapi nelayan ini tahu bahwa ikan salmon memiliki kecenderungan untuk terus bergerak, ikan lincah ini tidak bisa diam, sehingga ia memasukkan beberapa ikan hiu kecil kedalam peti itu. Ketika sampai di darat, memang ada beberapa ikan salmon yang mati dimakan hiu, akan tetapi sebagian besar lainnya bertahan hidup dan masih segar.

Pelajarannya adalah, terkadang kita butuh perubahan untuk bertahan hidup dan terus berada di puncak. Jangan jadikan perubahan kondisi tersebut menjadi sebuah ketakutan, tapi jadikan ini tantangan baru. Jika kita terus nyaman dengan keadaan tanpa bisa beradaptasi dengan perubahan, maka kita akan mati.

3. This too will pass

Suatu ketika seorang raja memerintahkan kepada seorang cerdik cendikia untuk menuliskan semua cerita dan pengalaman sang raja selama hidup berpuluh-puluh tahun ini, cerita itu harus diukir di sebuah cincin agar sang raja selalu ingat tentang pengalamannya.

Setelah bingung selama berhari-hari, akhirnya si cerdik itupun berhasil menyelesaikan tugasnya, dan menyerahkan cincin itu kepada sang raja. Sang raja bingung bukan kepalang, kenapa hanya ada tulisan “this thoo will pass” di cincin nya tersebut, dan sang cerdik hanya berkata, silahkan raja pakai saja, dan suatu waktu raja akan tahu maksudnya.

Suatu ketika raja mendapatkan suatu kesenangan yang luar biasa, ekonomi kerajaan meningkat, daerah kekuasaan meluas, sehingga mengadakan pesta besar. Saat menikmati pesta tersebut dengan girang, sang raja melihat cincin itu, kemudian tersenyum dan merenung. si cerdik itu benar, this too will pass

Di waktu yang lain, sang raja mendapatkan masalah yang sangat pelik, bahkan mengancam kehancuran istana. dan disaat kegelisahan yang memuncak tersebut, sang raja melihat lagi cincin yang selalu ia pakai, lalu ia pun tersenyum sambil mengatakan, this too will pass.

Pelajarannya adalah, kegembiraan dan kesedihan tidak boleh kita nikmati atau ratapi secara berlebihan, karena ingatlah semua itu akan berlalu, bahkan bisa sangat cepat. Ingat bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini kecuali Allah SWT.

Cerita tersebut merupakan intisari (dengan beberapa modifikasi) dari presentasi Bapak Ignatius Tenny Wibowo di hari pelepasan beliau sebagai Direktur PHE ONWJ, karena beliau mendapatkan panggilan untuk menjadi orang nomor 1 di PHE pusat. Kesedihan dan kekhawatiran nampak di wajah-wajah rekan yang selama ini bekerja dengan Pak Tenny, banyak sekali cerita positif yang diceritakan mereka tentang kehebatan Pak Tenny. Saya sendiri belum pernah merasakaan kepemimpinan beliau, akan tetapi dari cerita singkat yang ia sampaikan tadi, sudah cukup membuat saya berkesimpulan bahwa Pak Tenny memang memiliki kualitas dan kapabilitas yang baik sebagai seorang pemimpin.

selamat bertugas di tempat yang baru Pak Tenny, terimakasih untuk 3 cerita yang sangat menginspirasi saya.

salam,

yang sedang belajar Geologi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: