Osaka to Kyoto (#Japan-eps.4)

9 Oktober 2011, pukul 7.am saya tiba di Kansai International airport, Osaka.

Jantung ini berdegup keras ketika keluar dari pesawat. Layaknya seorang bayi yang baru saja keluar dari perut ibunya, mereka pasti akan takjub dengan dunia barunya, begitupun juga dengan saya. Saya merasa seperti bayi yang baru saja meninggalkan rahim ibukota jakarta, dan akan segera melihat dunia impian saya, Jepang😀

Bedanya, ketika saya lahir disambut oleh dukun beranak  dokter, kali ini saya disambut oleh 2 pramugari manis yang tersenyum ke arah saya sambil mengapitkan kedua tanggannya di depan dada, dan mengucapkan “#!@!^%&*(*&^”  (bahasa thailand yang “mungkin” artinya adalah “terimakasih telah terbang bersama kami”)

Kansai International Airport, Osaka

Oh ya, ada satu kesalahan yang saya lakukan, yaitu saya sama sekali tidak menggunakan bagasi pesawat, sehingga saya harus menenteng tas jinjing extra besar di tangan kanan, tabung berisi poster penelitian di tangan kiri, dan tas sandang ukuran sedang di punggung. Hal ini saya lakukan agar ketika tiba di Osaka, saya bisa segera meluncur menuju Kyoto, karena saya tidak ingin terlambat lebih lama lagi. Dan prediksi saya ternyata salah, seharusnya saya tetap menggunakan bagasi pesawat, karena proses setelah kita turun dari pesawat, kita akan melewati sistem keimigrasian negara setempat, dan kita harus antri panjang untuk  itu. setelah semua proses selesai, semua tas sudah tersusun rapi di bagage claim.

Akhirnya saya pun keluar dari bandara mewah tersebut (tapi tidak se-mewah bandara shuvarnabhumi, bangkok), yuk kita lihat foto-foto perjalanan saya dari Osaka ke Kyoto😀

Pemandangan pintu keluar bandara Kansai

Setelah keluar bandara, saya langsung menuju MK shuttle bus, tiket bus ini sudah saya pesan dua hari sebelum kedatangan saya, biaya Kansai-Kyoto dengan travel bus ini adalah 3.500 yen dan diantar sampai alamat. Ada cerita menarik ketika saya hendak mencari loket Mk shuttle ini, sewaktu saya clingak-clinguk  di bandara tersebut sambil menenteng pasport berwarna hijau, saya dihampiri oleh pemuda besar, tinggi, gagah, dan tidak berewokan, apalagi bertato. Sepertinya dia blasteran antara Jepang-Eropa, lalu dia menyapa saya :

Mr.X : “excuse me sir” (sambil menunjukkan badge polisi ke saya, mirip seperti agen FBI di film yang sering saya tonton), “may I look your pasport?“.

Saya : yes, of course

Mr.X : so, what will you do here sir? 

Saya : I have a presentation in Kyoto University, I am a researcher. (I am Geologist, and I am not a terrorist *kata saya dalam hati)

Mr.X : Ooh (sambil mengangkat alis, seakan tidak percaya apa yang baru saja ia dengar).. Jadi ini pertama kali anda ke luar negeri ya?

Saya : lho? bapak bisa bahasa indonesia tho?

Mr.X : hehe.. saya 2 tahun tinggal di Jakarta pak (sambil tersenyum ramah, dan mengembalikan pasport saya), oh ya mk shuttle ada di bagian kanan gedung ini

Saya : Ooh begitu, baik pak terimakasih (dalam hati saya bergumam, “pasti dia agen FBI yang pernah ditugaskan di indonesia selama 2 tahun untuk melacak persembunyian teroris”)

Dan akhirnya saya pun berlalu, dan melanjutkan perjalanan saya menuju Kyoto University

Di tengah perjalanan, saya dipindahkan dari bus menuju taxi mkshuttle yang akan mengantarkan saya menuju Kihada Hall, Kyoto University, tentunya tanpa biaya tambahan. Yang menarik adalah, supir-supir taxi ini tidak ada yang bisa berbahasa inggris, sehingga saya pun harus menggunakan bahasa tubuh untuk berkomunikasi dengan mereka. Masalahnya adalah, Kyoto University itu terbagi di 3 tempat yang berbeda. Untung saya membawa banyak peta yang saya print out dari google map, sehingga perdebatan beda bahasa ini pun bisa segera di akhiri, atau lebih tepatnya saya pasrah mau dianterin kemana aja.. hiks hiks

supir taksi yang baik dan ramah ini betul-betul berusaha keras menemukan Kihada Hall, Kyoto Unversity.

touch down! tepat pukul 10 am, saya tiba di Kihada Hall, Kyoto University. Terimakasih banyak untuk MKshuttle yang mengantarkan saya tepat waktu (2,5 jam perjalanan), dan saya pun menyalami supir taxi saya yang tersenyum puas karena berhasil mengantarkan saya tepat waktu di lokasi yang tepat pula😀

Sekian cerita kali ini, saya pikir akan ada  satu tulisan lagi nantinya, sebelum saya mengakhiri “episode Japan” ini. Di tulisan berikutnya, saya akan menceritakan tentang pandangan saya terhadap kota Kyoto, masyarakat, makanan, dan perjalanan saya di tempat-tempat wisata disana.😀

4 Responses to Osaka to Kyoto (#Japan-eps.4)

  1. satria says:

    Salam kenal kakak, saya anak Bengkulu juga🙂

    Berawal dari pencarian anak-anak bengkulu di google, akhirnya berlabuh di blog ini🙂

    Benar-benar menginspirasi, kak! Saya juga punya mimpi ke Jepang. Mudah-mudahan suatu saat bisa menyusul seperti kakak🙂

    btw, blognya kalo bisa update terus ya, kak🙂

    _Budiman Satriya

  2. Salam kenal kak.. Saya sudah lumayan sering loh kak maen2 ke blog ini..🙂

    Wah, ke jepang ya kak.. saya juga baru agustus kemarin ke Jepang, ikut summer school di Hiroshima.. dan kebetulan saya mdarat di Kansai International Airport🙂 dari sana langsung ke Osaka, sayang ga ke Kyoto T_T… ga sempat, jadi langsung ke Kobe, nginep di masjid tertua di Jepang, terus baru ke Hiroshima…

    terus ke Khyusu, ke Yamaguchi… n terakhir ke Tokyo, semua via Shinkansen kak..

    Senangnya bisa kesana ya kak… Sukses selalu ya kak.

    Saya banyak termotivasi dengan orang2 sprti kk..

    Saya link blog kk di blog saya ya kak..
    Blog saya :

    http://www.nanyaterus.com

    Arigatou gozaimasu..🙂

    • aveliansyah says:

      Doo itasimasite (bener gak tuh penulisannya) –> ketika orang mengucapkan arigato gozaimasu, kita menjawab dg kalimat barusan, itu yg diajarkan teman saya kemarin hehe..

      Waah terimakasih banyak ya pradipta, senang bisa mengenal kamu. Petualangan kamu di jepang jauh lebih berwarna dibanding saya. Mari saling berbagi inspirasi ya🙂

      salam kenal..

Leave a Reply

