When You Believe

There can be miracles, when you believe
Though hope is frail, It’s hard to kill
Who knows what miracles, you can achieve
When you believe, somehow you will
You will when you believe (Mariah Carey)

Gw pikir banyak orang yang tau lagu diatas, kalaupun ada yang belum denger, dibaca aja deh. Kalau masih gak paham maksudnya, gw saranin buka translate.google.com, terus terjemahin deh lirik lagu diatas😛

di tulisan gw sebelumnya, gw bilang kalau kekuatan yang paling hebat itu adalah KEPERCAYAAN.

Gw : “Mas, apa sih kiat-kiatnya kok bisa sering banget dapat tawaran kerja gitu?”

Mas : “PERCAYA diri!”

begitulah jawaban dari salah seorang teman yang saat ini sedang bingung menimbang perusahaan besar mana yang akan dia pilih, dan semuanya adalah perusahaan yang keren.

Gw bersyukur banget memiliki lingkungan yang memberikan gw KEPERCAYAAN, sehingga gw bisa menumbuhkan rasa PERCAYA diri gw. Ini penting untuk diketahui bersama, yaitu seseorang akan memberikan kemampuan terbaiknya, karena ia tidak ingin mengecewakan orang yang telah memberikan kepercayaan.

Oh ya, ngomong-ngomong soal kepercayaan, gw jadi inget kejadian 4 tahun yang lalu, ketika gw masih semester 1, dari 3 organisasi yang gw daftar, ada 4 organisasi yang nolak gw, hehe.. Gw ditolak mungkin karena gw gak punya pengalaman organisasi sewaktu SMA, dan gak Oke ketika sesi wawancara (maklum, ane masih newbie gan,😛 ). Niat gw untuk belajar berorganisasi akhirnya kandas, karena gak ada yang mau nerima gw,😥 hiks… sampai akhirnya ada seorang senior yang dengan berani memberikan jabatan sebagai kepala departemen di organisasi kerohanian yang beliau pimpin, dalam hati gw berkata  “ni orang gila ya! berani-berani nya ngasih gw jabatan penting kayak gini, padahal gw gak ada pengalaman organisasi“. Tp gw dalam hati berjanji untuk memberikan 159% kekuatan yang gw punya untuk membayar kepercayan dia, sekaligus ingin membuktikan ke organisasi yang udah nolak gw tadi kalo gw bisa.

Setelah satu tahun berlalu, akhirnya amanah tersebut berhasil gw jalanin dengan susah payah dan berurai airmata😛,, gw mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari sang ketua, selain itu gw juga mendapatkan undangan untuk bergabung dengan 3 organisasi yang menolak gw tahun lalu.😀

Pesan : Bapak geologi modern, James Hutton berkata “the present is the key to the past“, apa yang pernah terjadi di masa sekarang, pasti juga pernah terjadi pada masa lampau. Ingatlah hukum geologi tersebut!

Kembali ke masa sekarang, di tempat yang banyak memberikan energi positif untuk terus belajar. Dalam waktu kurang dari 1 bulan mendapatkan begitu banyak kepercayaan, di satu sisi hal tersebut membuat gw kelabakan, karena gw belum pernah mengerjakan hal tersebut sebelumnya, dan banyak hal yang gw belum mengerti. Gw pikir mereka bakal ngajarin dan membimbing gw ketika gw disuruh ngerjain oil to source correlation ataupun basin modeling yang sama sekali belum pernah gw kerjakan, ternyata gw salah, mereka hanya bilang “avel, tugas kamu sekarang mencari tahu oil yang ada di lapangan kita itu berasal dari source rock fasies apa, bikin basin modelingnya, tulis reportnya, dan ini bahan-bahannya“, dan gw cuma bisa bilang iya dengan mulut ternganga😮

Tapi disitulah letak kepercayaan mereka, gw senang diberikan kepercayaan seperti itu, gw bakal berusaha sekeras dan secerdas mungkin untuk tidak mengecewakan mereka, dan ini yang memaksa gw untuk belajar lebih keras lagi. Masa lalu telah menumbuhkan prinsip baru dalam hidup gw, “siapapun yang telah memberikan kepercayaan dan amanah kepada saya, maka saya akan memberikan kepadanya lebih dari 100% kekuatan yang saya miliki untuk membayar kepercayaannya itu”

Gw belajar sesuatu bahwa seorang pemimpin yang baik harus memiliki kepercayaan diri  yang tinggi, memberikan kepercayaan penuh kepada bawahannya, dan pemimpin tersebut mampu menumbuhkan kepercayaan diri bawahannya. There can be miracles, when you believe.

bukankah Rasulullah juga diberi gelar sebagai Al Amin (yang dapat dipercaya)?🙂

“Kamu GEOLOGIST kan???, siap untuk mengurusi fieldtrip ke tanah sumatera? “

SIAP PAK!!!😀 (terimakasih untuk kepercayaannya pak)


Semangat bekerja untuk rekan-rekan ku semua, kalian selalu ceria walaupun senja telah tiada🙂

Salam

yang sedang belajar Geologi

2 Responses to When You Believe

  1. Trie says:

    yup…
    percaya n yakin kita mampu….
    😀

  2. sangprofesor says:

    malah jadi inget lirik lagunya gita gutawa, Vel..

    “Kuberjalan/Raih cita/Untuk dunia yang baru/Di depan mataku

    Tak ada ketakutan/Akan gelapnya malam/Fajar kan beri arti/Dan sinari dunia

    Mimpi kan menjadi nyata/Bila ku tetap percaya/Walau rintangan menghalang/Kekuatan masih ada”

    -meraih mimpi-

    *have a great way ya, Avel.. barakallahu fiek🙂

Leave a Reply

