FORUM INDONESIA MUDA 10

“Bagi kami bekerja keras, cerdas, dan ikhlas adalah keharusan
kemenangan adalah sebuah keniscayaan
dan Indonesia yang lebih baik adalah sebuah impian
Karena di tangan kamilah adanya harapan
maka kami berusaha untuk selalu di garda terdepan…”
 

Forum Indonesia Muda 10 Leadership Lifeskill Featuring Entrepreneurship

Forum Indonesia Muda (FIM) sebagai forum independen yang beranggotakan pemuda dari berbagai perguruan tinggi maupun organisasi kepemudaan di Indonesia, kembali mengadakan Leadership and Lifeskill Training di tahun 2011.

Pelatihan FIM angkatan 10 yang bertemakan “Leadership Lifeskill featuring Entrepreneurship” akan diselenggarakan pada tanggal28 April – 1 Mei 2011 bertempat di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur. Sesuai dengan temanya, materi yang akan disampaikan antara lain :

– Talkshow Leadership & Entrepeneurship
– “From Zero to Hero
– Tantangan dan Peluang
– “Creative Process
– Network Building
– Membangun Negeri dengan Entrepreneur
– “Yang Muda Yang Beraksi (Youth in Action)”
– “Menghidupkan Koperasi, Memberdayakan Masyarakat”
– “Selling Your Idea
– “Etika Bisnis”
– Presentasi Bisnis

Dan tentu saja selalu ada yang berbeda di pelatihan FIM dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk 50 orang peserta terbaik FIM 10 akan mendapatkan kesempatan mengikuti Field Trip ke perusahaan bisnis terkemuka di Indonesia pada tanggal 2 Mei 2011. Ingin berpartisipasi menjadi peserta FIM 10? Pendaftarannya akan dibuka mulai tanggal 6 Maret 2011 di website ini. Pantau terus website FIM untuk informasi selanjutnya. Be there or you’ll behind!!!


Mengapa Harus Entrepreneurship?

Setelah beberapa tahun penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan FIM, sejumlah tema telah diangkat. Umumnya, FIM mengambil tema seputar masalah sosial dan lingkungan, di antaranya pengentasan kemiskinan, pendidikan, pemberantasan korupsi, lingkungan, kerelawanan, penanganan bencana, dan sebagainya. Tahun ini tema yang diangkat cukup berbeda, yaitu entrepreneurship.

Mungkin ada yang bertanya mengapa entrepreneurship harus menjadi tema khusus di pelatihan kepemimpinan FIM 10 tahun ini. Bukankah untuk menjadi seorang pemimpin itu tidak harus menjadi pengusaha? Jawabannya sederhana saja, karena menjadi seorang entrepreneur adalah sarana konkret untuk menjadi pemimpin. Selain itu, kita juga perlu tahu fakta bahwa entrepreneur adalah sesuatu yang jarang dimiliki oleh bangsa Indonesia saat ini.

Pemerintah menargetkan jumlah pengusaha di tanah air mencapai 2 persen dari jumlah penduduk. Hal ini sebenarnya masih minim dibandingkan persentase di negara-negara lain. Sebagai contoh, jumlah pengusaha di Singapura mencapai 7,2 persen dari jumlah penduduk, Malaysia 2,1 persen, Thailand 4,1 persen, Korea Selatan 4 persen, China dan Jepang 10 persen, sementara Amerika Serikat 11,5 persen. Namun, berdasarkan data Ketua Asosiasi Wirausaha Indonesia (AWI), Ilhamy, saat ini jumlah pengusaha Indonesia hanya 0,24 persen dari penduduk. Jika mengacu pada angka 240 juta sebagai jumlah total penduduk Indonesia, maka negeri ini membutuhkan setidaknya 4.2 juta pengusaha lagi.

Mengapa dibutuhkan persentase minimal pengusaha? Karena jika ditilik lebih lanjut, pengusaha adalah pihak yang secara ekonomis menanggung elemen masyarakat lain yang bukan pengusaha. Dua persen penduduk menjadi pengusaha artinya terdapat dua orang dari setiap 100 orang penduduk yang membuka lapangan pekerjaan. Ini berarti satu orang pengusaha menghidupi 49 orang lainnya. Angka ini akan melonjak menjadi 400an apabila kita menggunakan angka 0,24 persen. Jumlah yang sangat besar dan berat bagi kebanyakan pengusaha.

Pengusaha adalah ujung tombak perekonomian negara

Entrepreneurship menjadi penting karena pengusaha pulalah yang menjadi ujung tombak perekonomian suatu negara. Merekalah yang memimpin dan menentukan jalan usahanya sesuai bidang industri masing-masing, yang secara agregat sebetulnya ikut menentukan pula akan dibawa kemana ekonomi dan industri di negara tersebut. Data diatas juga menunjukkan bahwa negara maju memiliki persentase pengusaha yang tinggi, dan kita semua tahu bahwa inovasi atau perkembangan usaha sangat cepat terjadi di negara-negara tersebut.

Bagaimana dengan Indonesia? Sangat disayangkan bahwa industri di negara ini sebagian besar dikuasai oleh pihak asing. Bahkan Astra International, perusahaan terbesar di Indonesia dari segi jumlah pegawai dan pendapatan (sekitar 100 triliun rupiah pada tahun 2009), saat ini struktur pemegang saham mayoritasnya adalah Jardine Cycle & Carriage Ltd, perusahaan konglomerat yang berkantor pusat di Singapura dan Malaysia. Artinya, mereka pulalah yang sebenarnya secara tidak langsung menentukan arah perekonomian Indonesia kedepan.

Pengusaha adalah pemimpin yang nyata

Disamping memiliki posisi yang sangat strategis bagi bangsa, entrepreneurship juga penting karena pengusaha adalah bentuk nyata seorang pemimpin. Hal ini karena pengusaha berinteraksi dengan para karyawannya – yang notabene adalah orang yang dipimpinnya – dalam menjalankan usahanya. Dibandingkan dengan memimpin organisasi atau lembaga nonprofit, memimpin karyawan memiliki tantangan tersendiri karena karyawan dibayar untuk melakukan pekerjaannya. Disinilah tantangan kepemimpinan itu diuji – apakah karyawan menuruti pengusaha hanya untuk menerima gaji, atau karyawan memang melakukan apa yang diminta oleh pengusaha dengan tulus untuk mencapai tujuan perusahaan?

Selain itu, pengusaha memiliki kelebihan karena dia secara langsung mampu memberikan manfaat bagi sesamanya. Ia menghidupi para karyawannya, memberikan keuntungan kepada klien bisnisnya dan juga supplier usahanya. Lebih lanjut lagi, ia mampu memberikan inspirasi bagi banyak orang untuk turut memikirkan apa yang bisa dilakukan untuk sesamanya.

FIM untuk negeri

Berangkat dari dua hal diatas, kami memandang bahwa entrepreneurship adalah tema yang urgen untuk diangkat. Hal ini sejalan dengan visi FIM untuk mewujudkan pemimpin bangsa yang memiliki semangat nasionalisme dan patriotisme tinggi, berakhlak mulia, sehat dan cerdas paripurna, baik secara fisik, rohani, spiritual, maupun intelektual, serta ikut mewujudkan Indonesia sebagai bangsa yang mandiri dalam ekonomi, berdaulat dalam politik, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Ya, kami berharap melalui pelatihan kepemimpinan FIM 10 tahun ini, semangat entrepreneurship di negeri ini akan semakin tumbuh, bermunculan pengusaha-pengusaha muda baru yang mampu memberikan kontribusi langsung bagi masyarakat disekitarnya, dan pada akhirnya ikut mencapai Indonesia yang lebih baik dan mandiri terutama dari segi perekonomian. Kami siap untuk itu, apakah kamu siap?

(by Tim Materi FIM 10)

 

PENDAFTARAN

FIM telah membuka pendaftaran Leadership and Lifeskill Training untuk angkatan ke 10. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pada pelatihan tahun ini FIM akan menghadirkan mahasiswa dan pemuda yang aktif dan berprestasi dari berbagai daerah di Indonesia.

Untuk mengikuti pelatihan ini, peserta akan diseleksi melalui berkas-berkas aplikasi yang dikirim. Peserta tidak akan dipungut biaya sama sekali (kecuali biaya transportasi ke TKP, tapi insya Allah akan dibantu juga jika terpilih).

Tema

Tema pelatihan FIM 10 adalah “Leadership Lifeskill Featuring Entrepreneurship“.

Waktu dan Tempat

28 April – 2 Mei 2011 di Taman Wiladatika, Cibubur, Jakarta.

Fasilitas

Akomodasi dan konsumsi selama pelatihan.

Ketentuan Peserta

Untuk menjadi peserta pelatihan ini, pendaftar harus memenuhi kriteria sebagai berikut:
1. Warga negara Indonesia
2. Mampu menghadiri seluruh sesi pelatihan FIM dari awal sampai akhir sesuai jadwal yang ditetapkan
3. Peduli terhadap lingkungan sekitar dan aktif melakukan perubahan melalui berbagai kegiatan dan komunitas/organisasi

Ketentuan Pendaftaran

1. Mengisi formulir pendaftaran pelatihan FIM 10 dengan lengkap. Formulir bisa di-download di bawah ini.
2. Membuat esai dengan ketentuan sebagai berikut:

A. Tema besar: ”Leadership Lifeskill Featuring Entrepreneurship
B. Susunan esai:

a. Pendahuluan (latar belakang ide, visi entrepreneurship)
b. Isi:

i. Gambaran ide usaha. Gunakan pendekatan analisis SWOT (strength, weaknesses, opportunity, threat)
ii. Rencana pelaksanaan ide. Gunakan kriteria SMART (specific, measurable, attainable, relevant, time-bound)
iii. Khusus untuk yang memiliki pengalaman berwirausaha, ditambahkan dengan budgeting, performance usaha selama ini, dan hambatan yang pernah dialami.

c. Referensi (jika ada)

C. Format teknis: font Arial 11pt, spasi 1.5, panjang esai maksimal 5 halaman penuh A4 dengan margin 3-3-3-3.
D. Kelengkapan konten dan kesesuaian dengan format yang ditentukan mempengaruhi penilaian esai.

3. Menyertakan surat rekomendasi dari organisasi yang sedang atau pernah diikuti. Latar belakang organisasi tidak dibatasi, dapat berupa organisasi mahasiswa, LSM, Karang Taruna, dll.
4. Ketiga berkas di atas dikirimkan ke alamat email FIM di forumindonesiamuda@yahoo.co.id dengan format kompresi zip / rar / sejenis dalam satu file yang diberi nama RegistrasiFIM10_(nama calon peserta). Contohnya, jika nama peserta adalah Riesni Fitriani, maka nama berkas pendaftaran yang dikirimkan ialah: RegistrasiFIM10_Riesni Fitriani.zip / RegistrasiFIM10_Riesni Fitriani.rar

Tahapan Pendaftaran

Waktu pendaftaran akan berlangsung dari tanggal 7 Maret – 3 April 2011, dan dibagi menjadi beberapa tahapan sebagai berikut :

1. Bagi calon peserta yang namanya diawali dengan huruf A – M diperkenankan mengirimkan berkas pendaftaran dari tanggal 7 – 18 Maret 2011 pukul 23.59 WIB.
2. Bagi calon peserta yang namanya diawali dengan huruf N – Z diperkenankan mengirimkan berkas pendaftaran dari tanggal 19 – 26 Maret 2011 pukul 23.59 WIB.
3. Gerbong Belakang : Bagi yang mengirimkan berkas dari tanggal 27 Maret – 3 April 2011 pukul 23.59 WIB akan tetap kami terima, dengan kuota penerimaan dari tahap ini HANYA 10%.

 

Kapasitas peserta FIM 10 adalah 120 orang dengan rincian:
1. 60 orang untuk kategori peserta yang belum pernah memiliki pengalaman wirausaha
2. 60 orang lainnya untuk yang sudah memiliki pengalaman berwirausaha dalam lingkup apapun 

Peserta terpilih akan diumumkan melalui website ini pada tanggal 16 April 2011. Give your best shot to join us!


Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kontak di bawah ini:
Riesni Fitriani (0878 8111 1888)
Wulandari (0852 6329 7886)
sumber: http://forumindonesiamuda.org/

One Response to FORUM INDONESIA MUDA 10

  1. panji says:

    menarik, kapan lagi acara serupa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: