MIKROPALEONTOLOGI (MIKRO-PALEO-ONTOS-LOGOS)

Sudah hampir mendekati batas akhir target kelulusan yang sudah direncanakan (15 Oktober 2010), tapi dosen pembimbing I masih susah untuk ditemui, kalopun ketemu, juga susah untuk asistensi, mengingat beliau memang sangat sibuk, yaah sabar saja lah.. sepertinya gw emang harus mulai latihan push up lagi

“Janji Avel (dimasa lalu) : KLO SAMPE TANGGAL 15 OKTOBER 2010 GW GAK LULUS JUGA, GW BAKAL PUSH UP 100 X DI LAPANGAN BASKET JAM 12 SIANG!!”

mungkin orang bakal bilang gw stress, kurang kerjaan, dan rada kegeser otaknya, tapi itulah cara gw untuk memacu diri agar lebih kencang berlari,, selalu ada REWARD AND PUNISHMENT!!!, awalnya gw yakin klo semuanya lancar gw bisa lulus tgl 10 Oktober, eeehhh.. ternyata banyak halangan yg melintang..

baiklah, daripada nongkrong di kampus gak jelas, nungguin dosen tiap hari, dan selagi tidak banyak kerjaan yang bisa dilakukan, akhirnya gw menyerahkan diri gw ke dosen untuk membantu membimbing adik-adik semester 5 praktikum MIKROPALEONTOLOGI. itung-itung pengabdian terakhir untuk jurusan sebelum gw lulus. naah.. berikut ini gw bakal kasih beberapa pendahuluan penting praktikum mikropaleontologi, semoga bermanfaat.

MIKROPALEONTOLOGI (MIKRO-PALEO-ONTOS-LOGOS)

adalah cabang dari Paleontologi yang khusus membahas tentang mikrofosil secara sistematik.

objek studi dari mikropaleontologi adalah :  Morfologi ; Paleoekologi ; Klasifikasi  ; Penyebaran stratigrafis

tujuannya adalah :

1. Pemerian, pendeterminasian, dan klasifikasi mikrofosil.

2.  Menggunakan data mikrofosil untuk menentukan umur & merekonstruksi lingkungan pengendapan dari suatu batuan yang mengandung mikrofosil tersebut.

3.  Studi evolusi berdasarkan perkembangan cangkang (dinding test) dari suatu spesies mikrofosil.

Mikrofossil ditemukan di :

batukapur, napal, sisipan batulanau dan batupasir pada batu gamping, batugamping, batupasir karbonatan, batupasir glaukonitan, serpih hitam, rijang, dan breksi berkemas terbuka (pada bagian halus)

*Pending dulu, gw diusir nih, ruangannya mau dipake buat kuliah,, yg jelas gw punya mimpi untuk riset paleogegrafi bareng praktikan-praktikan  mikropalontologi gw.. semoga bisa terlaksana

One Response to MIKROPALEONTOLOGI (MIKRO-PALEO-ONTOS-LOGOS)

  1. relitta anakita says:

    1 pengetahuan lagi masuk ke otak :p thanks ka!

Leave a Reply

