MEMPERSIAPKAN KESUKSESAN Posted by: fren2006 | April 15, 2009

berhubung gw lg semangat-semangatnya ngisi blog yg baru gw design ulang ini, maka, pagi ini, dikala matahari mulai menampakkan cahayanya dengan malu-malu kucing (aaah… bahasa puitis gw selalu aja aneh..)

yowis, berhubung lagi gak ada ide, maka gw iseng aja klik “aveliansyah” di google, hasilnya?? woow,, di luar dugaan, ternyata banyak hal yg bisa diketahui…

bahkan blog gw yg aneh ini bisa dijadikan referensi anak U*M dalam membuat tugas, di daftar pustakanya ada alamat blog gw!! cihuyy,, alhamdulillah bisa bermanfaat.. coba tebak, yg dijadiin referensi pustaka tuh mahasiswa dalam bikin tugas tulisan gw yg judulnya apa ???

yg jelas bukan “MAWAPRES TEKNIK VS Kambing Jantan Part I ataupun Part II”

jawabannya adalah, tulisan gw yg judulunya “SITU GINTUNG : Solusi dan Penyebabnya”, yaah sejarahnya sih tuh tulisan gw buat sebagai syarat untuk mengikuti acaranya IAGI (ikatan ahli geologi Indonesia) yang menyelenggarakan acara “Diskusi Terbatas tentang Situ Gintung” sekitar 1 minggu setelah kejadian bencana tersebut, hasil dari diskusi tersebut dikirim ke pemerintah setempat sebagai rekomendasi dari IAGI. gw sendri pada waktu itu menjadi undangan dari PERHIMAGI (Persatuan Himpunan Mahasiswa Geologi Indonesia) gara2 tulisan itu…

dan ada satu lagi, yaitu “Ada Apa dengan Geothermal”, juga nongol di blog mahasiswa kebumian,, hmm.. gak papa sih, yg penting nama gw dicantumin disitu sbg refference.. hehe, semoga bermanfaat.

kembali ke benang merah

yaah, sesuai dengan judul yg gw tulis diatas..

sebenernya tuh tulisan dah lama gw buat, dan secara tidak sengaja gw temuin di blog nya fren2006.wordpress.com, hmm… sekedar menambah isi blog aja, jadi gw repost aja di blog gw…

silahkan menikmati🙂

By : Mawapres Teknik 2009 (Fren-ers 2006)

Pengertian Kesuksesan???

Menurut kalian apakah arti kesuksesan itu???

Silahkan jawab sendiri, karena setiap orang memiliki pengertian yang berbeda2 terhadap kesuksesan. Akhir2 ini banyak sekali seminar, talk show, dan acara sejenis lainnya yang bertemakan “bagaimana cara menjadi kaya raya”. Akan tetapi, ketika saya berjalan mengamati kehidupan di salah satu kampus terbesar di Indonesia, hampir semua alumninya Menjadi orang sukses, ketika mereka lulus mereka taruhan untuk “siapa yang kaya duluan” bukan “siapa yang kerja duluan”. Tidak susah bagi mereka untuk menjadi kaya, akan tetapi apa yang terjadi dengan mereka?? Ada yang sudah berumur 40an tahun tapi belum menikah, ada yang anaknya terjerumus narkoba, ada yang istrinya selingkuh. Mereka memang memiliki harta, akan tetapi mereka tidak memiliki ketentraman hati. Sehingga, seminar-seminar yang sedang popular sekarang disana adalah seminar yang bertemakan “uang bukan segalanya”.

Kayaknya seminar tersebut belum ada di UNDIP ya??

Paragraf diatas bermaksud untuk memberikan gambaran tentang luasnya nilai sebuah kesuksesan, kesuksesan tidak hanya bisa dinilai dengan uang. Sukses dunia dan akhirat-lah yang seharusnya kita kejar, Sehingga jika ditanya tentang kesuksesan, maka saya teringat surat Al- Qashash ayat 77, yang berbunyi :

Dan carilah pada apa yang telah dianugrahkan Allah kepadamu kebahagiaan negeri akhirat, dan janganlah kamu lupakan bagianmu dari kenikmatan duniawi dan berbuat baiklah kepada orang lain. Sebagai mana Allah telah berbuat baik kepadamu dan janganlah kamu berbuat kerusakan dimuka bumi, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS. Al-Qashash: 77)

Dari ayat tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kita harus mencari kebahagiaan akhirat tanpa melupakan kebahagiaan dunia, dan didalam kehidupan duniawi hendaklah kita berbuat baik kepada orang lain, Rasulullah SAW bersabda ”Khairunnas anfa’uhum linnas”, “Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sehingga untuk mengukur derajat kemuliaan seseorang dapat dilihat dari sejauh mana dirinya punya nilai mamfaat bagi orang lain. Jadilah sahabat bagi semua orang, kita punya telinga kita untuk mendengar keluh kesah mereka, punya Jangan untuk merangkul mereka, punya mulut untuk menasehati mereka, punya pundak tempat mereka bersandar, punya mata untuk mengawasi mereka. Punya hati untuk mencintai mereka. Saya jadi teringat kalimat dari sahabat baik saya, mahasiswa UGM, ”Sahabat sejati akan mendengar apa yang tidak kamu katakan, yang dapat mendengar lagu didalam hatimu, dan menyanyikannya kembali tatkala kau lupa akan baitbaitnya

Mempersiapkan Kesuksesan

setelah kita pahan tentang makna dari kesuksesan yang sesungguhnya, maka sekarang yang harus kita lakukan adalah bagaimana cara meraih kesuksesan dunia dan akhirat tersebut?ini adalah rumus kesuksesan menurut Mr.V : KESUKSESAN = MIMPI + MOTIV-AKSI + USAHA + DOA

untuk mencapai kesuksesan diawali dengan mimpi, lalu didorong oleh motivasi dan aksi, berusaha sekuat tenaga dan terakhir berdoa. segala sesuatu itu tidak ada yang kebetulan, apa yang kita dapat hari ini adalah hasil dari apa yang kita lakukan kemarin, sehingga untuk memperoleh hasil yang baik di masa depan, maka kita harus melakukan yang terbaik di masa sekarang. kata-kata yang selalu saya ingat dari senior saya ketika saya masih semester 1 adalah “kesuksesan seseorang pada 5 tahun yang akan datang, tergantung dari buku apa yang ia baca dan dengan siapa ia bergaul“. Bergaul dengan orang-orang yang terbukti mempunyai motivasi besar, maka anda akan terimbas semangat mereka. Jangan sebaliknya, yaitu bergaul dengan orang-orang yang malah mematikan motivasi anda. Dalam hidup, kita harus memiliki tujuan yang jelas. mulai dari sekarang mari kita bermimpi. Tulis 10 mimpi besar yang akan kalian capai dalam 1 tahun ini (boleh lebih), dengan terus melihat mimpi yang telah kalian tulis tersebut, itu akan membantu kalian untuk fokus dalam mengejar cita-cita. coret mimpi-mimpi yang telah tercapai, dan lihatlah… berapa banyak mimpi yang anda capai tahun ini??? bermimpilah yang besar, bijak dan bermimpi sesuai dengan konsep kebahagiaan dunia

akhirat, bermimpi untuk memberikan manfaat sebanyak-banyaknya untuk orang lain. mimpi saja tidak cukup, untuk merealisasikan mimpi, maka dibutuhkan DUIT (Doa, Usaha, Ikhtiar, Tawakkal ). Dan ingat, tujuan kita yang utama Hanya ALLAH SWT…

raihlah mimpi, ukirlah prestasi, karena prestasi dan keunggulan adalah bagian yang harus menjadi lekat menyatu dalam perilaku kita sehari-hari. Tubuh seratus persen bersimbah peluh berkuah keringat dalam memberikan upaya terbaik, tak seratus persen digunakan untuk mengatur strategi yang paling jitu dan paling mutakhir, dan hati pun seratus persen memberikan tawakal serta ikhlas terbaik.Oleh sebab itu, bangkitlah dan jangan ditunda-tunda lagi untuk menjadi seorang pribadi muslim yang berprestasi, yang unggul dalam potensi yang telah dianugerahkan Allah SWT kepada setiap diri hamba-hambanya.

Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh yang ma’ruf dan mencegah yang munkar dan beriman kepada Allah …!’ (QS. Ali Imran [3] : 110).

Posted in TFT Tanya 2009

One Response to MEMPERSIAPKAN KESUKSESAN Posted by: fren2006 | April 15, 2009

  1. thank mas … semoga gambar / image boeycreation nya bermanfaat…

Leave a Reply

