Pandangan Geologist terhadap Gempa di Bengkulu

Temen kost saya pernah bertanya gini, ”pel gimana menurut kamu, bengkulu bakal kena gempa gak seh??”

Saya ngejawabnya gini :

Sampai sekarang belum ada satu orang pun yang dapat meramal kapan datangnya gempa, termasuk magnitudonya. Untuk bengkulu, walalupun berat untuk mengakuinya tetapi bengkulu memang bakal sering terjadi gempa, karena bengkulu merupakan daerah di sumatera yang dilalui oleh pertemuan lempeng Eurasia dan lempeng Pasipik, dimana lempeng tersebut selalu bergerak dan bergeser sebesar 7cm/tahun. Pergeseran lempeng tersebut pastinya akan menghasilkan gempa bumi.

Tapi, menanggapi ramalan CNN maupun ramalan Prof. Jucelino saya tidak sepakat sama sekali. Memang sih, klo ramalan yang disiarkan CNN tersebut alasannya ilmiah, karena melihat pergerakan lempeng yang semakin bergerak ke utara menuju sumatera barat, hal ini dilihat dari kejadian gempa yang terjadi di bengkulu lalu merambat ke Mentawai terus ke Nias.

Prediksinew-picture.png tersebut tidak sepenuhnya salah, mungkin itupun bisa terjadi, tapi kemungkinannya sangat kecil. Menurut pakar geologi favourite saya (Pak dhe Rovicky Dwi Putrohari) gempa yang terjadi di sumatera itu memiliki pola gesekan yang sepotong-sepotong per segment lempeng tersebut (seperti gambar disamping). Masing-masing segment tersebut tidak bergerak secara bersamaan.

Jika dilihat dari pola pergerakan lempeng di Sumatera tersebut, maka kemungkinan gempa berikutnya yang diprediksikan akan terjadi di Sumatra barat juga berpola seperti gempa yang terjadi di Bengkulu kemarin. Pergerakan lempeng yang sepotong-potong tadi akan sangat berpengaruh terhadap kekuatan gempa, hal tersebut tentu saja akan mengurangi kekuatan gempa yang akan timbul.

2.pngGempa 9 SR itu memang mungkin akan terjadi JIKA : Lempeng Australia bergerak serentak dan melenting bersamaan,(seperti gambar disamping) tetapi jika lempeng tersebut bergerak per segment, maka gempa yang 9 SR itu dapat dicicil, mungkin sekitar 6 SR, tetapi akan sering terjadi gempa susulan dan mungkin akan berlangsung agak lama tetapi dengan skala yang lebih kecil.

Gak papa sering gempa tapi skalanya kecil, daripada Cuma sekali kena gempa tapi dengan skala 9 SR, ya gak??

Lho koq malah ngebahas masalah ramalan gempa yang disiarkan CNN ya??

Maaf suka ngelantur kesana-kemari. Balik lagi kemasalah Prof. Jucelino tadi, ramalan Jucelino tersebut sudah dibantah secara tegas oleh BMG. Orang BMG ketika mendengan kabar tersebut langsung turun kelapangan untuk melakukan pengecekan langsung di lokasi. Mereka melakukan pengecekan gejala fisik tanda-tanda gempa di lokasi yang diprediksikan bakal terjadi gempa. Namun, belum ada tanda-tanda yang mengarah terjadinya gempa.

Hingga saat ini memang belum ada alat atau teknologi khusus yang dapat digunakan untuk memprediksi terjadinya gempa. Namun, kapan dan di mana akan terjadi gempa, sedikitnya dapat diamati melalui ciri-ciri fisik antara lain lewat keadaan permukaan air, tingkah laku hewan dan gelombang elektromagnetik.

Dengan beredarnya berita tersebut, Prof. Jucelino menjadi sosok yang sangat terkaenal akhir-akhir ini, bahkan salah satu stasiun tv di jepang mengadakan talk show khusus membahas hal ini. Dibalik alasannya yang mengatakan ingin meminimalisir jatuhnya korban jiwa akibat gempa yang diramalkannya dia juga meminta uang imbalan kepada pemerintah Indonesia atas ramalannya tersebut. Entah apa sebenarnya motivasi orang tersebut, yang jelas orang tersebut telah berhasil membuat orang bengkulu menjadi panic, ada yang sudah mengungsi, ada yang pindah rumah, ada yang membuat tenda darurat.

Pemprov sendiri sudah melakukan simulasi gempa dan tsunami seperti yang dilakukan negara jepang. Tempat-tempat mengungsi sudah ditunjuk, dapur umum dan fasilitas genset 5000 MW sudah disiapkan, sirine penanda bahaya tsunami-pun telah disiapkan. Nampaknya pemprov bengkulu sudah menyiapkan segala sesuatu dalam menghadapi gempa dan tsunami. Hal tersebut sangat baik, tetapi karena simulasi dan sebagainya dilakukan setelah mendengar ramalan dari Prof. Jucelino maka warga semakin percaya bahwa gempa 8,5 SR tersebut bakal datang.

Sebagai putra bengkulu yang sekarang merantau ke Semarang, saya cukup senang melihat keseriusan Pemprov bengkulu dalam mananggapi isu gempa dan tsunami. Bengkulu sekarang terlihat lebih siap akan datangnya bencana gemap. Memang kita tidak bisa mencegah datangnya gempa bumi, tapi yang bisa kita lakukan adalah meningkatkan kewaspadaan, serta kesiapan mental agar tidak panik ketika terjadi gempa, sehingga korban jiwa akibat gempa dapat diminimalisir seminimal mungkin.

Terakhir, serahkanlah semuanya kepada Allah SWT, karena Dia-lah yang Maha berkehendak, gempa dapat terjadi sekarang, besok, ataupun lusa sesuai dengan kehendak Allah. manusia hanya bisa berencana Allah lah yang maha menentukan…
semoga Allah senantiasa memberi rahmat bagi umatnya..moga aja bencana itu tidak terjadi yaaa..

NB : gambar didapatkan dari situs : http://www.rovicky.wordpress.com

12 Responses to Pandangan Geologist terhadap Gempa di Bengkulu

  1. sangprofesor says:

    top euy! bagi2 ilmu geologi terus ya vel!semangat!

  2. kmt9 says:

    vel,luar biasa blog kamu.ilmiah sekali.tingkatkan terus vel!

  3. putra says:

    salam geologi aja brooo

  4. ratna says:

    ia avelll
    im comingggg
    hehe..
    MakDarTu..abis kuliah..kita krj breng yoo

    kita bkin bengkulu kota yang gak awam lagi soal geo nya…

    hhee…

  5. mr.X says:

    gak sengaja lewat,,,
    emhh.. bagus juga..
    lanjutin terus ya..

  6. armandho says:

    hmm…lumayan..
    lain kali juga bahas…masalah d bekasi y vel..

    biar gw gampang dapet referensi..hahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: