Geology

awalnya gw masuk jurusan geologi tuh bener2 gak sengaja, bisa dibilang asal nyontreng ajalah waktu SPMB.

berawal dari niat nan tulus dan ikhlas serta doa dan restu dari orang tua, gw berangkat ke jogja, niatnya sih ikut bimbel STAN, sekaligus test STAN dijogja, kenapa harus jogja? jawabannya simple, karena di bengkulu gak ada test STAN, dan teman2 gw banyak yang ke Jogja.

singkat kata singkat cerita, gw akhirnya ikut SPMB dijogja. Agak males juga sih sebenernya, soalnya gw gak tau mau masuk jurusan apa, kata orang tua sih yg penting kuliah aja. Akhirnya gw pilih IPB, kenapa harus IPB? Karena gedungnya keliatan bagus dan adem.. (Yaa Tuhaaaann…)

Pilihan kedua?? gw bingung nih menentukan pilihan, yang jelas harus regional jawa tengah, karena gw test di regional jawa tengah dan jojga. Akhirnya gw milih UNDIP aja. Kenapa harus UNDIP?? naaah,, kali ini jawabannya manteb nih, dan penuh perhitungan. Alasannya karena kalo di UGM gak ada jurusan teknik (gw pengen jadi anak teknik) yang gradenya dibawah IPB, lalu pilihan beralih ke UNS dan UNDIP. Universitas manakah yg beruntung untuk didatangin gw?

Analisis gw waktu itu adalah:
UNS : biaya hidup murah, nasi kucing banyak, dan cewek solo terkenal manis2
UNDIP : biaya tidak semurah di solo (tapi masih murah), dan di kampung gw kampus ini lebih terkenal dibanding UNS

UNS : gw bisa ambil jurusan T.Arsitektur T.Industri dan masih banyak lagi,
UNDIP : gw cuma bisa ambil jurusan T.Perkapalan, T. Geodesi, T. Geologi

akhirnya gw memutuskan untuk memilih UNDIP.

Analisis dilanjutkan dengan memilih 3 jurusan teknik yang gw sebutin di atas tadi..

(pikiran kotor avel pada waktu itu) :
T.Perkapalan : gw gak mau benerin kapal2 rusak (gw kirain kerjaannya jadi montir kapal, ternyata salah. T.perkapalan itu tugasnya men-design kapal, naval architecture, jurusan langka, dan sangat prospektif, secaraaa negara kita kan negara maritim)
T.Geodesi : apaaaaan nih! gak pernah denger gw (ternyta ini jurusan yang prospekti juga, masih langka, tugasnya melakukan pengukuran dan membuat peta, banyak lulusannya yang bekerja di pertambangan, perminyakan, PU, dll
T.Geologi : waah ini nih, ada “logi-ya” (artinya ilmu), mungkin mirip2 kayak biologi waktu SMA kali ya, gw kan suka biologi.. yauda deh,, ini aja!!

JRENG JRENG… setelah melakukan analisis yang mendalam dan diperkuat dengan hitungan kancing baju akhirnya gw itemin tuh jurusan T. Geologi.

—————————————————————————————————-

singkat kata singkat cerita, akhirnya gw gak lolos STAN, dan takdir memutuskan gw lolos di T.GEOLOGI UNDIP.

—————————————————————————————————-

fulan : “eh aveeeell,, kuliah dimana sekarang??”
avel : “kuliah di UNDIP”
fulan : wah,, di bengkulu aja ya..
avel : “UNDIP, bukan UNIB” (UNIB = universitas bengkulu, jika diucapkan dalam obrolan sehari-hari terdengar seperti UNDIP, dan sebaliknya)
fulan : “oooww UNDIP, jauuh yaa.. jurusan apa vel??”
avel : “TEKNIK GEOLOGI”
fulan : “OOww.. BIOLOGI, emg BIOLOGI ada TEKNIK nya?? baru tauuu”
avel : “G E O L O G I”
fulan : oooowwwww maaaaffff, hehehe

yaaah begitulah, ternyata ilmu kebumian yang satu ini masih belum membumi di masyarakat. Tapi gw gak boong, ni ilmu kereeen bgt!! gw tiap hari makin jatuh cinta aja ma nih jurusan..

kenapa semakin hari semakin cinta????
jawabannya adalah, karena dari geologi gw banyak belajar tentang alam, tentang bumi, bagaimana bumi berbicara dan menyampaikan isyaratnya ke manusia, tidak semua manusia yang bisa membaca isyarat bumi, sehingga dibutuhkan ilmu ini untuk memahaminya.. dan dari geologi jg gw bisa tau betapa sempurnanya Bumi ini diciptakan oleh Allah, takjub terhadap semua kecantikan alam yang tersaji secara apik disekitar gw.. dari geologi gw bisa keliling indonesia bahkan mungkin dunia nantinya, InsyaAllah.. dari ujung paling barat pulau jawa, hampir seluruh jawa tengah, dan sekarang di kalimantan bisa gw datangin karena geologi… tidak hanya jalan2, tapi juga memahami dan membaca perilaku alam yang kita datangin…

oke, kita lanjut lagi ke alur sebelumnya ya (acak2kan banget nih tulisan, alurnya gak jelas)
ketika gw masuk ke ruang kuliah untuk pertama kalinya, yang gw dapet pada waktu itu pastinya perkenalan tentang teknik geologi itu sendiri, Kajur gw, Pak Ir Dwijanto JS MT menjelaskan tentang apa itu geologi. Tapi, itu gak penting buat gw, yang penting tuh ntar klo gw lulus kerja dimana, gajinya berapa,, itu doank!!!

pada hari pertama itu juga gw langsung jatuh cinta ma nih jurusan, asik bgt kyknya, kerjaannya jalan2 mulu (berdasarkan bukti otentik berupa foto2 yg ditampilin kajur), yang kedua nih jurusan masih langka bgt!! yang ketiga pastinya lahan kerja terbuka lebar donk, dan kita bisaaaaa kemana aja :

1. perminyakan dan pertambangan,
intinya sih klo gw bilang, geologi tuh sama aja kayak detektif kerjaannya, yaitu mencari bukti2 yang ada di alam untuk menemukan barang tambang seperti batubara, emas, timah, dan lain2, atau pun minyak dan gas bumi dalam industri perminyakan.

2. nyari air tanah
tugasnya geologi nyari tuh air ada pada kedalaman berapa dan dimana titik bor harus dipasang. sumur air tanah ini dibutuhkan kalangan industri, pertanian, perkebunan, dll.

3. nyari panasbumi (geothermal)
nih energi baru yg sedang dikembangkan untuk pembangkit listrik, indonesia punya cadangan geothermal terbesar didunia. prospeknya masih bagus bgt nih, pemerintah sedang gencar2nya mengembangkan energi alternatif ini

4. pawang bencana alam
banjir, tsunami, gempabumi, tanah longsor, letusan gunung api, dan lain2, adalah bencana yg sering terjadi di negara kita,, tentunya dibutuhkan orang yg bisa membaca alam donk agar korban yg ditimbulkan bencana ini tidak banyak.. tuh peluang lagi

5. bikin bendungan, gedung, jalan, jembatan
gak cuma teknik sipil aja, tapi geologi jg dibutuhin dalam melakukan pembangunan. kita harus tau batuan tempat berdirinya nih jalan/gedung kuat pa nggak?? bikin bendungan supaya gak retak2 tuh gimana caranya??
semua itu butuh geologi!!!

6. capek gw nulisnya..

yg jelas, bagi yg tertarik ma geologi, bisa kita diskusikan lebih lanjut nanti. Tinggal klik aja tuh “Your Categories, Geology/ Renungan/ Curhat??”, terus pilih deh kategori geologi.

ditulis di Semarang, tahun 2007

salam

Aveliansyah

 

NB: Mengingat banyaknya komentar yang masuk, dan tidak bisa saya jawab satu per satu, maka untuk diskusi lebih lanjut bisa kontak saya via twitter saja: @aveliansyah

170 Responses to Geology

  1. nana says:

    wuiiiiii….
    ada saljunyaaa….

    dingin-dingin..aku ambil mantel dulu ya vel

    hehhehehhehheh….

  2. aveliansyah says:

    hehehe.. disini kan belum ada isinya na, kok malah comment disini,, wkwkwkwk..
    tp thanks udah berkunjung.. hehehe

  3. budiman says:

    waaw…
    tujuan aku jua mau masuk tu jurusan…
    mau tanya…
    1 klas tu berapa org,..?
    - Banyak gag yag niat kesitu..?
    - emang bnerkah lu2s dri ntuch dapet kerjaan yg tertulis disitu,,?

    maaf klu banyk prtnyaaan>>

    • aveliansyah says:

      hei budiman,, nyantai aja bro,, lu mau tanya sbanyak apapun insyaAllah bakal gw jawab deh, hehe,,
      1. untuk geologi undip sendiri membatasi jumlah mahasiswanya sebanyak 50-60 setiap tahunnya, ini dilakukan supaya ilmu yg diserap mahasiswa lebih maksimal.. tapi berhubung semakin banyaknya peminat yg ingin masuk geologi undip, maka pd tahun 2009 kmrn telah dibuka 2 jalur, yaitu reguler 1 sebanyak 60 orang dan reguler 2 sebanyak 20 orang. dan InsyaAllah tahun 2011 gedung megah bantuan dari PERTAMINA akan berdiri, khusus untuk geologi undip. (januari 2010 kemarin MoU kerjasama PERTAMINA-Geologi UNDIP sudah ditandatangani). selain itu kerjasama dg geologi kyushu university (jepang) sudah terjalin untuk student exchange, dan pd 2009 kemarin kita jg kedatangan tamu dari geologi university malaysia sabah (baca tulisan : “untuk sahabatku : mahasiswa geologi university malaysia sabah”)
      2. itu benar sekali, untuk sekarang lulusan geologi sebagian besar terserap pada industri perminyakan dan pertambangan, sedangkan bidang2 lain seperti geoteknik, geology hazard, geowisata dan masih banyak lagi, itu belum banyak dikerjakan oleh geologist.

      ditunggu kedatangannya di geologi undip, :)

  4. Budiman says:

    O.. ya.
    ya Insya allah …
    kayaknya jurusan itu peluang kerjanya banyak..
    adakah tes tertulis ntuch…

    terpisah gag jurusan geologi dengan jurusan lainnya.
    blum pernah kesana… ( tempat dimana)

    makasi sebelumnya…

    • aveliansyah says:

      untuk test nya ada 2 jalur, SPMB dan UM I dan II.
      test masuknya cuma tertulis aja, dan kalo udah lulus, tinggal test kesehatan aja,
      maksudnya terpisah?? gedungnya? gedungnya untuk sekarang gabung dengan geodesi dan perkapalan. tapi untuk tahun depan insyAllah gedung bantuan pertamina untuk geologi sudah jadi, dan gedung geologi gak nyampur lagi ma jurusan lain..
      klo ada waktu maen2 aja ke kampus kita..

  5. Budiman says:

    o.. gitu kak..
    mau bner maen kesitu atau kul di situ…
    niatnya mau ikut pmbk.
    klu gag dpet ikut itu…

    o.. perlu tes kesehatan y…
    klu test ntu…
    ka2k kan ikut spmb..
    apa saja pelajaran yg di spmbk tuk jurusan ni….. ( geografi perlu gag kak)

    taun kakak..
    bnyak gag yg minta kesitu..

  6. Budiman says:

    makasih info ya.. tentang geologi…

  7. Budiman says:

    o.. kak
    ada gag situs tentang geologi undip

  8. ta says:

    wah…
    gw tertarik bgt jadinya ma t. geologi. tapi masih bingung perbedaan antara geologi ma geodesi.
    ama2 ada kata “geo” nya

    • aveliansyah says:

      Ta : perbedaan yang paling mencolok adalah, geologi bermain di permukaan bumi dan bawah permukaan (bawah tanah), kalo geodesi hanya bermain di permukaan saja,, sama bagusnya kok, sama2 jurusan langka.
      kalo geodesi itu kata temen gw sih ilmu pengukuran terhadap permukaan bumi (untuk lebih jelasnya tanya sama anak geodesi aja kali ya, hehe.. takut salah memberi penjelasan)
      kalo mau tanya apa itu geologi, baru deh lu boleh tanya ke gw.. gw siaaap jawab

  9. syawal88 says:

    yang bener itu lho beruntung bisa berkenalan sama geologist muda kayak gue wkwkwkwk

  10. syawal says:

    ha ha ha penjelasan anda penuh kbohongan ckckckck

  11. ragil pratiwie says:

    hahahaa
    kocak tu
    berawal dari ketidaksengajaan, tapi bisa jadi asdos, mawapres, kahim jg y mas ya?
    hmmmm
    hehehehee

  12. hahahahhaha…cerita yang lugu dan lucu..hahhaehhehe

    sempet ya kita melakukan kebodohan2 yang indah untuk dikenang…

    duh enaknya jadi kalian yang hidupnya berdasrkan itung kancing…coba aaku??huaa

    hidupku sudah ditarget bahkan dari SD pake topi kegedean waktu festival profesi ..
    gara2 minjem kontraktor disebelah kompleks..
    bagus2 minjem..ceritanya jadi arsitek eh malah dikira orang2 sawah..gara2 baju ma topinya kegedean untuk badan seimut saiah waktu itu…

    dan pada saat pendaftaran univ pun sudah sepenuh hati mencontreng arsitek!!!!

    ga seru

  13. kalo dpikir pikir..blogmu udah keren kang ikal!!!ajarin ajarin ajarin ajarin..dih?dasar anak kecil..hhe

    emank ga seru owk..apalagi waktu cverita2 ada yang itung kancing lah…tbak2 berhadiah lah..jatohin pulpen lah…banyak bgt..

    saiah?sepenuh hati segenap jiwa memilihnya…
    hidup saiah sedikit monoton…huaaa

  14. rasdita puteri says:

    hy, kak ..
    aku juga baru masuk teknik geologi nih .. aku di unpad tapi .. angkatan 2010 ..
    wahhh, aku jadi makin tertarik aja nih sama geologi .. tp mama ku ribut bgt, katanya kerja nya berat ya nanti ? apalagi bwt perempuan .. [katanya .. ]

    • aveliansyah says:

      hai rasdita putri :)
      wah, selamat yah bisa kuliah di geologi juga :D
      klo kerja berat/ ringan, itu adalah pilihan. klo mau jadi pekerja lapangan yah harus mau capek, tapi klo mau jadi pekerja laboratorium dan kantoran, yah gak perlu capek2 juga.
      pekerjaan laboratoirum biasanya cocok buat cewek, karena mereka lebih teliti dan sabar dibandingkan cowok, hee

  15. Arch Nagel says:

    hmm..
    jadi awalnya ga mau masuk geologi?
    tau gitu gw abisin waktu ospek dulu
    wkwkkw

  16. rasdita puteri says:

    ohh, geologist bisa kerja di laboratorium / kantor juga ya ?
    dikirain, emang dunia geologist itu lapangan melulu .. salah ya ? hehhe .

  17. cumuluscloud says:

    saya cewe. kalo masuk geologi kira-kira gimana?? hhe. Thanks :)

  18. cumuluscloud says:

    wah, boleh juga kalo rasionya segitu. kalau geologi ke tambang batu bara gimana ya kira2 ka? hhe. thanks

  19. hy kx,gue klas 3 sma skrg,rncna tmat sma ni,gw mo ngmbil jurusan teknik geo logi,,,
    tpi gw bngung mao plih yg mna,antra prmnykan,btubra,tmbang emas dll,,,
    bsa bntu g kx???????

    • aveliansyah says:

      selain geologi, ada jurusan lain yg namanya teknik perminyakan (klo km pengen fokus di dunia migas), ada juga teknik pertambangan (klo km pengen fokus di dunia tambang), mereka itu yg bertugas “mengambil”, sedangkan yg “mencari” migas/ batubara/ emas/ dll, itu teknik geologi…
      klo km di geologi, kamu harus menguasai semuanya..

  20. Hiskia Ulinuha Annisa says:

    salam Geologi !! :D

    hy mas, aku anak geologi unsoed 2010 nih :)
    baca blog ini aku makin yakin sama geologi !!
    walopun awalnya aku uda ngerasa salah jurusan aja gara2 geologi sebagian besar harus punya fisik yg kuat, tp aku blm punya itu 1oo% :(
    tp skrg aku yakin aku harus BISA !!!
    aku harus bisa jd a women geologist :)

    terima kasih mas atas blognya yg uda mengnspirasikan aku buat lebih byk bermimpi dan mimpi itu harus bisa jd kenyataan :)

  21. geni says:

    dan akhirnya yang nulis blog ini uda lulus dari jurusan dan almamaternya..
    selamat ya mas!!
    hehe

  22. izetismail says:

    kaka, saya skrg udh kls 3 sma, masi bingung mau nentuin geodesi atau geologi, saya minatnya geologi kak, tapi kalo d liat yg daftar geologi lebih banyak daripada geodesi,, apa saya pilih geodesi aja karna peluang masuknya lebih besar? sedangkan katanya yang saya denger2 geodesi pelajarannnya lebih susah dan byk matematikanya .
    menurut kaka sebaiknya saya pilih geodesi atau geologi?
    kalau saya pilih ugm – geodesi dan undip – geologi mnurut kaka gmn?
    mohon bimbingannya . .

    • aveliansyah says:

      pesan saya : jangan takut untuk mengejar mimpi.. klo km maunya masuk geologi, yaudah diusahakan dari sekarang, belajar yg lebih giat lagi biar lolos SPMB, atau masih ada jalur UM I dan UM II. menurut saya, kenapa tidak geologi ugm dan geologi undip saja?

  23. dody says:

    kk. geologi lebih mencolok kepelajaran apa sih ??

    • aveliansyah says:

      geologi itu sebenarnya ilmu dasar, sama seperti matematika, kimia, fisika, dan biologi. sekarang ini sudah diadakan olimpiade geosicence tingkat SMA, dari mulai tingkatan provinsi, sampai internasional.
      jadi, geologi itu mencolok ke pelajaran geologi :D
      tentunya berhubungan dg bidang ilmu lain, seperti kimia (geokimia), fisika (geofisika), biologi (fosil)

      • Hai kakak (:
        Bytheway, aku juga pernah ikut olimpiade Geoscience nie kak. Tapi sayang, gak sampe tingkat nasional. Hanya sampe di Provinsi aja. Oh iya, aku juga tertarik ke Teknik Geologi karena ikut Geoscience itu.. Kayaknya T.G Undip keren juga nie .. (:

  24. izetismail says:

    makasi kaka masukannya :D
    doain saya yaa kaka, bulan mei snmptn d mulai . semoga saya masuk jurusan teknik geologi di ugm atau di undip . aamiinn .
    kalo saya masuk undip mohon bantuannya ya kak saya sama skali gak tau daerah semarang . mungkin kaka bisa bantu ksi tau daerah kos2an yang murah? hehehe . .

  25. Andri says:

    Kak mau tanya tanya dikit nih, saya tertarik buat masuk geologi undip.Soalnya kalo diUGM passinggrade lebih tinggi trus saingannya lebih banyak. Tapi org tua saya nanyak, undip geologi kan termasuk masih muda dalam usia jurusannya nah beliau nanyak tentang akreditasi dan prospek kedepannya, trus sama biaya hidup disana kira kira gimana yaa kak apakah jauh lebih mahal dibandingin jogja (tempat asal saya jogja).

    • aveliansyah says:

      geologi undip baru berdiri pada tahun 2004, tp saya pikir hal tersebut tidak berpengaruh banyak, karena sampai saat ini semua alumni kami tidak ada yg kesulitan mencari pekerjaan, masa tunggu ketika lulus sampai mendapat pekerjaan maksimal 3 bulan (bukan krn tidak dpt tawaran kerjaan, tp terlalu pilih2 kerjaan). Fasilitas? gedung pertamina Sukowati baru saja ditempati jurusan kami, semoga semakin memperbaiki kualitas pendidikan.
      Sedangkan biaya hidup di semarang tidak beda dg Jogja, sama2 murah, apalagi di komplek kampus tembalang, toh anak jogja juga ada beberapa yg kuliah di geologi undip.

      • Andri says:

        Ohh, gitu too mas. Oke mas,makasi banyak buat pencerahannya.Saya jadi makin semangat dan memantapkan hati saya buat menjadi seorang geologist.

  26. fariz says:

    kak selamat ya uda juarai The Best Student Poster Presentation haha (edukasi.kompasiana.com/…/mahasiswa-teknik-geologi-undip-juarai-the-best-student-poster-presentation/),
    saya mau nanya dikit nih, saya tertarik bgt nih ama teknik geologi, secara saya mau kerja di pertambangan atau perminyakan hehe.
    sekarang saya kelas tiga yg lagi nunggu hasil ujian nasional dan pbs ugm(geologi dan kehutanan)(doain ya kak saya dan angkatan sma saya lulus dan pbs ugm saya di terima hehe.
    sumpah ni kak saya bimbang utk pilihan jurusan snmptn tulis, bantu saya dong kak pilih teknik pertambangan unsri, apa teknik geologi undip ya? lebih baik mana tuh?
    susah ga si kak masuk jurusan teknik geologi itu(passing grade dan saingan)?

  27. Rifqi says:

    kak, saya calon anak teknik geologi undip tahun ini. sudah dapet lewat snmptn undangan. saya mau tanya. apakah kuliahnya susah? fisikanya banyak g?(paling ga suka fisika soalnya) trus, apa benar lulusannya banyak di ambil perusahaan nasional dan internasional? makasih sebelumnya.

  28. Rifqi says:

    kak, saya mau nanya. saya liat tgl 31 mei-1 juni ada tes penjajakan buat mahasiswa baru di undip. itu tesnya gmn sh?

  29. nando says:

    wah wah aku anak bengkulu juga nih. ambo dapek T.Geo UNPAD. iseng2 jugo tuh bang hahahaha,,,, memang nian anak bengkulu ko…

  30. febrie says:

    kak mau nanya, alhamdulillah saya keterima geologi undip lewat UM kemarin..
    yg ingin saya tanyakan, apakah geologi undip bisa bersaing dengan ITB atau UGM di dunia pekerjaan nantinya?
    lalu apa lulusannya banyak yg terjun ke perminyakan?

    makasih hehe

    • aveliansyah says:

      hey febrie, selamat ya.
      kalau km takut tidak mampu bersaing, artinya km sudah underestimate sama almamater km sendiri. :)
      bisa bersaing atau tidak itu ditentukan bukan dari tempat belajarnya, tapi individu nya. Jangan takut, dimanapun tempatnya asalkan punya mental juara, km pasti bisa bersaing dengan siapapun.
      alumni yg kerja di minyak sudah banyak kok :)

      • febrie says:

        maaf kak ga maksud underestimate, undip bagus kok saya dengar tekniknya sudah 5 besar. hanya saya liat jurusan saya geologi akreditasinya belom ada beda sama geologi lain yg saya bandingkan di atas :D
        tapi setelah dapet penjelasan, saya jadi yakin
        makasih kak penjelasannya. sukses yaa :)

    • Rifqi says:

      salam kenal ya. maba geologi undip :D

  31. Juju says:

    kak sebelumnya aku ucapin selamat buat prestasinya, kemarin sempat baca di internet. :D
    aku mau tanya nih kak, kalo lulusan perempuan geologi yang bekerja di laboratorium itu bagaimana? meneliti apa?
    apakah ada juga perempuan lulusan geologi undip yang bekerja di lapangan?

    • aveliansyah says:

      Alhamdulillah, terimakasih ya :)
      Perempuan bisa bekerja di mana saja kok, mau di lapangan atau laboratorium tidak masalah,, tapi kalau menurut pendapat pribadi saya sih perempuan baiknya kerja di kantor saja, hehe

    • aveliansyah says:

      Alhamdulillah, terimakasih ya :)
      Perempuan bisa bekerja di mana saja kok, mau di lapangan atau laboratorium tidak masalah,, tapi kalau menurut pendapat pribadi saya sih perempuan baiknya kerja di kantor saja, hehe

  32. kak…aq ktrima teknik geodesi undip.. isa jelasin gk, geodesi tuh ngapain aja? stau q c geodesi itu prtanahan…
    add aq d fb ya kak..
    mkasih…
    slam knal..

    • aveliansyah says:

      geodesi fokus ke permukaan bumi, membuat pemetaan, pemodelan, pengukuran, dan bisa bekerja di banyak bidang seperti perminyakan, pertambangan, bakosurtanal, dan banyak lagi :)

  33. bleketek says:

    Maaf OOT,Kak saya sudah diterima di teknik geologi STTNAS Yogyakarta :) :( tw gak gmn sih geologi STTNAS Yogyakarta???dan bagaimana kiprah alumni-alumni dari geologi STTNAS Yogyakarta……kalo gak tw ya gak apa-apa gan :)

    • aveliansyah says:

      saya punya banyak temen2 dari STTNAS, mereka memiliki fisik yg kuat, dan anaknya asik2, untuk alumninya sendiri juga tersebar dimana-mana, terutama pertambangan. di kantor saya skrg jg ada senior geologist dari STTNAS

      • Agustina Rahma says:

        kak kalo lulusan teknik geologi yg kerja di kantor itu kerjanya ngurusin apa ya? trus biasanya kantor jenis apa?

  34. petra says:

    kak mau nanya, geologi undip tuh ospeknya berapa lama?
    katanya setaun yah? pas ospek tuh ngapain aja sih, sampe orang2 bilang siapin fisik yg kuat kalo geologi.
    jadi ngeri nih hehehe

  35. febs says:

    kalo prospek geologi undip itu sendiri gmana kaks?
    mungkin banyak cerita temen2/senior kk yg sukses :D

  36. sapiderman says:

    Bos ane maba geologi undip ni. salam kenal yaaa :) senior

  37. vini says:

    aku pengen masuk tuh jurusan :D

  38. vini says:

    smoga lulus taon ini,,,ane bisa masuk Geologi :D
    aminnn…

  39. vini says:

    mau tanya lagi…..
    ql masuk jurusan geologi mapelnya itu ap aj :P.
    makasi…

  40. wah,, blog ini jadi inspirasi maba geologi undip …… :P

      • andes says:

        . Assalamualaikum ka.. Oranc bengkulu ya ka .slam orang sumatera yah.aku orang pdang ka .cuma tnggal d bndung .mau tnya nh ka menurt kaka bgus geologi itb atau undip . Kalo itb saingannya bnyak truz sewa kos dn mkannya mhal.kalo undip bgaima ka ? Truz kn skranc undip skrang undip trmasuk ptn yg diakui dunia .kyanya hampir sma itb ya ka ,?

  41. sapiderman says:

    kak mau nanya bagaimana peluang geologi undip di perminyakan?
    lulusannya banyak yang ke perminyakan kah?

  42. shisil says:

    waw keren…
    geologi undip..
    butuh perjuangan besar untuk ditrima disana..
    walau asal asalan tapi memuaskan kak..

    blog ini inspirasi saya..
    masih ragu dengan geologi soalnya saya cewek, mampuka di geologi???
    itu pertanyaan terbesar di kepala saya, karena kebanyakan lulusan geologi banyak yang cowok..
    emamng iyah kak??? teman kakak ceweknya dikit?
    terus sekarang kerja dimana?

  43. Abdurrahman says:

    mau tanya dong kak, kalo di geologi undip, apakah fisiknya harus benar2 kuat? kalo saya punya penyakit asma, ada masalah gak kak?

  44. wahyusyah says:

    Anda sangat intelek, memang di UGM gak ada jurusan teknik, yang ada Fakultas teknik.

  45. sidik says:

    kak. gw mw nnya.
    gw kan goblok ni di mtk ma fsk.
    gma geologi ma 2 pljran it. hub annya erat ngk ?

  46. tanti says:

    assalamu’alaikum.. sy mau tanya, kira2 teknik geologi untuk seorang wanita cocok ga?

  47. marty says:

    iya geoligi mah ribet ya,. salut sm orang geologi,. aku orang perminyakan, belajar juga si seologo, sedimen,statrigrafi, geologi stuktur, geo’eksplorasi,. dan ituu ribeeet banget ya,. hebatt,. mudah2an para geologist muda bisa menemukan cadangan migas di indonesia yg belum ter jamah ^,^

  48. lili says:

    kak, kalo biaya kuliah di undip t.geologi brp kira2?

  49. Icha says:

    Hai,,,, semangat nih gw bc tulisan lo…. mmg bener,, gw jg jatuh cinta sm geologi…. tp gw T. Perminyakan,,,, belajar Geologi dasar juga…. n memang, pas pelajaran petama, berkat geologi terjawab semua tuh pertanyaan2 gw sedari kecil, kenapa alam ini begini and begitu…. Yah, moga dpt cowok T. Geologi, bia klop (walah ga nyambung,,, hehhe ^^)

    • aveliansyah says:

      syukur deh klo bikin semangat, geologi akan menarik dipelajari jika kita emang suka. moga-moga lo bisa semakin enjoy belajar mencintai geologist (eh geologi maksudnya) :)

  50. rizal says:

    lulusan geologi ithu bsa kerja dikantor gak? n dikantor ngapaen ja? gaji yg dikantor dg lap. bsar mana?

  51. rizal says:

    om. .kira2 lulusan geologi setiap angktan yg bkrja dikantor itu kira2 brapa persen? thanxs om

    • aveliansyah says:

      waduh, kalo pake statistika, persentase, dan data2 empiris lainnya aku gak bisa jawab, lagian alumni kita sudah terlalu banyak, dan aku masih punya bnyk kerjaan lain dibandingkan menghitung persentase begituan :)
      Tp coba aku jawab aj ya, mungkin berimbang lah,, banyak yang kerja di lapangan, tp tidak sedikit yg kerja di kantor (aku kerja di kantor)

  52. barca says:

    kayaknya saya minat tuch kak . Em kalo boleh tau
    Rincian biaya masuk di undip berapa ya di teknik GEOLOGI……?

  53. reza says:

    contoh soal msuk t.geologi ada gak kak????

  54. agnes aviyolla says:

    hallo kak aku agnes kak aku mau masuk jurusan geologi di UNDIP atau UNS peluangnya besar apa engga ya kak? tolonf infonya yah terimakasih kakak :)

  55. agnes aviyolla says:

    kakak tolong jelasin gimana caranya masuk UNDIP jurusan geologi. soalnya aku mau banget masuk jurusan ituuu kak :)

    • aveliansyah says:

      caranya ya daftar, hehe..
      ada banyak jalur masuk, baik itu jalur undangan, snmptn, UM.. kamu persiapkan diri aja supaya bisa lolos di tes2 tersebut :)

      • aad says:

        assalamualaikum wr wb
        mau tanya mas,teknik geologi undip ada kerjasama ama perusahaan2 gt ga?
        Matur nuwun

  56. agnes aviyolla says:

    oh gitu kak, UM Itu apa ya? kalo daftar jalur mandiri maksudnya gimana

  57. Ahwan says:

    Kak…
    Q pengen nanya…
    Clo kuliah di tehnik geologi ini berapa tahun ya kak????

  58. Iman says:

    ka aku mau nanya kalo udh masuk teknik geologi tuh belajarnya susah ga ? tolong ka penjelasannya soalnya saya bingung .
    soalnya q mau masuk undip jg :)

  59. ayu says:

    assalamualaikum :)
    kak mau tanya nih. prospek lulusan geologi itu antara cewek dan cowok itu sama atau ada perbedaannya? terus kalo berdasarkan coment kaka sebelumnya biasanya yang cewek kerja dikantor / lab, itu kebagian yang seperti apa ya kak? mohon penjelasannya. makasih :D

  60. rerina says:

    kak, tahun lalu aku keterima di undip, tp ga diambil, ga tau prospek pekerjaannya.

    tahun ini aku pengen milih undip lagi.
    kira2 di blacklist ga ya?

  61. Hilmi says:

    kak, mw tnya, apakah harus lulusan dari SMA jurusan IPA buat masuk teknik geologi???
    trims.,,

  62. karina a says:

    Makassssih banyaaaak ya kak avel informasi nya,bermanfaat banget,haha saya juga tahun ini spmb pilih tek.geologi undip doakan semoga keterima ya kak amin hehehehe

  63. fadly says:

    Salam kenal gan , aku maba teknik geologi 2012 .
    Gan mau tanya , itu pertamina -t.geologi undip itu kan krjsama , maksutnya kerjasama dlam bdang apa ? Pkerjaan kah ?
    Terimakasih .

  64. Tiyo says:

    Kak, maw tanya nih. Untuk masuk pertama kali tu biayanya kira2 berapa? Saya ini lagi mau coba daftar lewat UM. Itu biayanya sama aja ama yang pendaftaran lain atau gimana? Maaf banyak tanya, soalnya pengen banget kuliah di undip.

  65. mas bro bengkulu ny dmn.
    sya jga ank tknik geologi sttnas dri bngkulu jg

  66. resty fatmala kurais says:

    ass..pangil kak ato mas yah?
    mas aja deh.mas sy maba thun ini di UNHAS jurusan tek.geologi jg…sejarahx hmpir sm sih…gk sgja jg pilih jrusan ini..
    yg sy khawtirkan skrg..mslh fisik ni mas..badan imut2 gk gede gni mang bs yah jd nag geologi ntar?
    oh iya…kul di jurusan geologi susah ato ribet gak mass?

  67. ada yang tau ngga kalo undangan t.geologi di undip rata” rapor nya sekitar berapa ya ?

  68. maha says:

    om,,saya mo nanya,,
    gmna syaratnya biar bisa masuk tek.geologi undip?
    trus susah ga kliahnya?

  69. susandjasma says:

    hehehe.. ga sengaja juga baca tulisannya. lucu juga buat hiburan. goodluck bro..

  70. Ency dimara says:

    Salam kenal Manusia Batu dari Geologi Papua.
    Univesitas Victory Sorong

  71. gerald says:

    Gan,itu teknik geologi ato jurusan geologi? Ips bs masuk situ ga ya? Thanks ya :)

  72. avis says:

    sorry ni bro, gue mau tanya,.
    gue udah lulus stm mesin tahun 2011, nah masih bisa gag nerusin ke undip tehnik geologi untuk thun 2013 nanti,.
    kalo bisa gimana caranya n gambaran soalnya banyak di pelajaran apa,.?

    dan soal biaya kira-kira mahal mana sama uns t.geologi,..???

    terima kasih bro

  73. Yayang says:

    Kakak saya jga mau masuk jrusan geologi ,
    minta no hp nya kak , saya juga dari bengkulu ..

  74. dadank says:

    biaya prakteknya banyak ga klu geology

  75. abdul basir says:

    Bang vel kalo jurusan ips bisa ngambil geologi ga. Sorry nih kepo

  76. Menarik banget!!! Wuuhh! Tertarik banget ane mau masuk ini jurusan….pengalaman kk sangat berguna bagi saya, begitu istilahnya. Hha, makasih kk!! Kalo boleh tau, sekarang kk udah lulus? Kerja di mana kak? :D

  77. arumvio says:

    mas kalo masuk tek geo ada syarat cacat fisiknya gak???

  78. Handoko says:

    wah menarik banget Mas Vel, anak saya tertarik masuk Geologi dan T. Perminyakan, tetapi dia bingung mana yg jadi pilihan 1 dan ke 2 – nya. Kalau diihat dari nilainya sih oke aja (selalu no 2 dikelas), tapi fisik tubuhnya sih tidak kuat, menurut Mas Vel lebih baik/prospeknya bekerja di mana ya (mohon penjelasannya). Terima kasih

  79. andre launardy says:

    Keren banget.
    Sayatertarik banget ama prodi ini
    thanks ya atas infonya

  80. irma says:

    Kakak mohon doanya, februari mulai milih jurusan , tujuan pertama ku geologi undip , doakan , , boleh minta salahsatu alamat fbi atau twitter gt, biar gampang cari info :D

  81. wah, makasi info’na ka’..
    ka’. kalo mau ambil geologi saingannya gmana ya..??
    emmb..kak klo geodesi ama geologi itu prospeknya bagusan mana sih??
    makasii sblumnya..

  82. nono says:

    kaka biaya kuliah teknik geologi undip gimana???? mahalkah???

  83. Arief Priyo Prakoso says:

    Bang sekarang masih kuliah?
    Saya lagi bingung nentuin jurusan..
    Kebetulan saya bener2 minat ke teknik geologi.
    Kira2 kiat kiat biar lolos masuk geologi gimana bang..
    Mohon bantuannya.

  84. cecep says:

    Hmmmm…
    Satuuu daerah dong klo gitu kita..
    Mauu bangett nih aku masuk jurusan geology emang udah cita-cita…
    Tpi…???
    Klo gak lulus jalur undangan apa ada cara lain iya untuk masuk jurusan geology…??

  85. cecep says:

    Ada pin bb gk…?

  86. Andre FM says:

    ijin bertanya kak bedanya teknik geologi sama teknik pertambangan tuh apa n gimana perbedaan cara belajarnya ?

  87. haniefsidiq says:

    mas/mbak saya mau tanya,arti sifat mineral diafenitis itu apa ya maksudnya?ataukah itu kebalikan dari afanitik,atau afinitas?berarti itu kalo gak faneritik(berdasar butir mineral),atau kebalikan dari afinitas?? thx b4

  88. aveliansyah says:

    Waaah, maaf gak bisa balas comment-nya satu per satu ya..
    saya coba rangkum saja jawabannya ya :

    1. kalo masalah cara masuk geologi undip setahu saya ada 3 jalan, (1) undangan langsung lewat nilai raport (2) UM 1 dan UM 2 (3) SPMB, kalo tanya detilnya apalagi biayanya, saya gak tau, cz udah 2 tahun lebih meninggalkan kampus tsb.

    2. Geologi sulit atau tidak? ya itu relatif, kalo km sudah jatuh cinta, semua akan terasa mudah dan menyenangkan. Soal fisik? cewek cowok sama aja kok, asal ada kemauan semua pasti bisa dilewati proses belajarnya, gak usah khawatir fisiknya lemah

    3. Kiat lolos? belajar dan belajar. Yang dipelajari apa? matematika fisika kimia dan ilmu dasar lainnya. lalu kalian akan belajar tentang batu-batuan.

    4. IPS bisa ga? di SPMB kan ada pilihan IPC, pastinya orang IPS juga bisa pilih jurusan teknik geologi, ada beberapa teman juga berasal dari IPS dulunya

    Untuk komunikasi bisa via twitter atau FB aja ya:
    twitter : @aveliansyah
    FB : aveliansyah bengkulu

    Terimakasih :)

  89. thathit ananta says:

    kak jumlah peminat geologi di tahun sekarang apakah makin sulit persaingannya? dan kira2 utk diterima di jalur undangan jg apakah semakin sulit?
    mohon infonya kak

  90. Thomy Borzt says:

    bang q bingung perbedaan teknik geologi ma pertambangan aph, tp kok bnyk yang kasih saran ke geologi,
    mohon pencerahannya

  91. Ardi_Geologist says:

    salam geologi???hehe sya juga daftar geologi undip kak..cuma belum pengumuman..
    kak,mau tanya nie klau t. geologi Ist AKPRIND yogya itu menurut kaka gimana???? trims

  92. Agustine Nirmala says:

    Bang, gue mau nnya. Untuk tes masuk jurusan T.Geologi ini, plajaran yg mendominasi itu apa aja?

  93. Zzahid says:

    yang jelas bro n sis,, t.geologi itu klo udh krja scra profesional,, gajinya selangit,,gk smpai langit jg sih pkoknya tinggi banget lah utk ukuran kita,, sprti di perusahaan asing indonesia pt.Total,,perhari dibidang ini bsa di gaji smpai rp57juta perhari utk yg profesional/udh berpengalaman dn utk pemula atw pkerja yg baru lulus dibidang ini gaji sekitarpr 5juta perhari,, trus ada lagi bro adeknya geologi yaitu teknik perminyakan lulusan ini akn mjd tenaga kerja pengeboran minyak dan gas yg gajinya skitar 23 juta rupiah perhari, perusahaan luar negeri di bidang ini bsa mndptkn gaji sbsar rp150jutaperbulan dn realitasnya di perusahan nasional Indonesia dibidang ini cm mndptkn gaji skitar rp25 juta perbulan,, jd keluar negeri itu lbih bagus.

  94. Zzahid says:

    perlu kalian tahu kawan,,standar yang paling baik di bidang geologi dn minyak gas itu di ITB.. itu sdh diakui scra internasional,krn lulusan dr itb banyak yg kerja diluar negeri.

  95. keren,,
    kalau teknik geologi UNPAK bogor bagus ga yah ??

  96. AdheGufron says:

    Kak aku baru keterima snmptn undangan 2013 di teknik geologi Undip,terus nanti kalau sudah lulus bisa kerja terutama di JAWA TENGAH ?

    • ardian says:

      kak! bisa minta kontaknya ngga? mau tanya tanya nih tentang nilai raport, itupun kalo boleh.
      aku bingung harus ambil teknik geologi atau sipil

  97. Kaa, pelajaran hitungannya rumit ga sih?

    • Roliamsyah says:

      Tidak ada yang rumit,, semua sudah ada di pelajari di SMP dan SMU.. Geology erat hubungannya dengan pemetaan,,, pelajari aja sudut atau membaca compass…

  98. agustina says:

    kak mau tanya nih, kalo abis lulusan t. geologi bisa kerja kantorannya ngapain aja? gak harus kerja lapangan kan? bimbang mau ngambil ini kak

  99. yayan says:

    Kereenn kaa :D

  100. samosir says:

    Geologi UPN patut diperhitungkan juga loh. Geologi UPN terkenal dengan jago dilapangannya hhe :). Silahkan berbagi pengalaman http://www.eriantcrishman.wordpress.com

  101. Meidynah says:

    di jurusan t.geologi belajar matematika, fisika/ kimia ga yah? soalnya saya agak kurang berteman dgn ke3 pelajaran itu

  102. Andre Wiguna says:

    Kak, denger2 geologi susah banget. mana ada fisika, kimia, dan bio. banyakan mana kak susah atau gampangnya?

  103. syifa says:

    waaah kakak anak bengkulu ya? waaah keren dong. aku juga pengen ambil geologi. kakak asal sma mana kak

  104. Lisa pramita says:

    kk mau tanya , kalo geologi itu pelajaran nya tentang apa lebih ke materi ato lebih byk ke hitung hitung an nya kk ? tolong di jwb ya kk

  105. Brinda juni verdana says:

    kak maw nanya nhi,,ada gak jalur untuk pendaftaran T.geologi ni selain jalur sbmptn/pmdk? mohon di jawab ya kak…

  106. 25novOpas says:

    tes.nya itu gmna sih????

    saya juga mau kesana nih, minta do’a.nya ya :* semoga di terima … Aamiin

  107. kak mau tanya, untuk akreditasi teknik geologi di undip tuh apa ya? makasih :)

  108. reztu ila says:

    kak mw tanya nih.
    saya msh bingung antara geodesi ama geologi.
    apakah 2″a sama” harus mendalami ilmu hitung ?
    maklum, saya tdak encer d.hitung menghitung :)
    thank’

  109. reztu ila says:

    kak mw tanya nih.
    saya msh bngung antara geodesi ama geologi.
    apakah 2″a sama” harus mendalami ilmu hitung?
    maklum,saya tidak encer d.hitung menghitung :)
    thank’s

  110. Hai kak, aku suka post kakak yg ini, kebetulan aku baru keterima di geologi unpad, kira kira ada tips dan saran gak buat maba :)

  111. sandi rengga says:

    aku juga dari bengkulu ni mau ambil teknik geologi di sttnas jogja…yg saya mau tanya bagaimana prospek kerja teknik geologi 10 tahun mendatang. .dan berapa kisaran gaji untuk teknik geologi..misalkan saya masuk teknik geologi apa kah pemahaman bahasa ingris kita harus lancar…dan apakah teknik geologi di saat kita kerja di perusahan adalah urutan pertama untuk di pecat…tolong imformasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 767 other followers

%d bloggers like this: